Kumpulan RPP Kurikulum 2013 untuk SMA atau SMK

Kumpulan RPP Kurikulum 2013 untuk SMA atau SMK

Posted on

Berikut adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang sering dikenal dengan RPP untuk tingkat SMA atau SMK kelas X dengan menggunakan kurikulum 2013.

RPP Bahasa Inggris kelas X tentang expressing care atau ungkapan memberi perhatian

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan      :           SMA/SMK

Kelas/Semester            :           X/1

Program                       :           –

Mata Pelajaran            :           Bahasa Inggris

Materi Pokok              :           Expresing Care

Alokasi Waktu            :           1 x 45 menit

 

A. KI

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  1. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B. KompetensiDasar

1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

1.2     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama ,dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.3     Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasaandalamungkapanperhatian (care), sertaresponya, sesuai dengan konteks penggunaanya.

4.4     Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi social , struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

C. Indikator pencapaian kompetensi

  1. Menuliskan makna teks dalam ungkapan perhatian.
  2. Melengkapi ungkapan perhatian dalam dialog.
  3. Menuliskan tujuan ungkapan perhatian.
  4. Menuliskan teks ungkapan perhatian dalam dialog singkat.
  5. Melafalkan dialog tentang ungkapan perhatian dengan menggunakan pronounciacion, intonation, fluency yang tepat.

 

D. Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat :          

  1. Menuliskan teks ungkapan perhatian dalam dialog singkat.
  2. Memaparkan tentang ungkapan perhatian dalam dialog singkat.

 

E. Materipembelajaran

Fakta:
Teks lisan sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian.” expression care ” ex: a) you look fantastic, b) are you okay, c)really, d) I’m Sorry to hear that,dsb.” Respon ” ex : a) thanks, b) no, I’m so bad, dsb.

 

Konsep:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain,

 

Prinsip:
Greeting, conversation, expressing care, closing.

 

Unsur kebahasaan :
Ucapan tekanan kata, intonasi, pronounciation

Procedure :
Langkah atau urutan dalam menulis ungkapan perhatian dalam memberikan Ungkapan perhatian.

 

F. Metode Pembelajaran

Pendekatan        :      Scientific learning

Metode               :      Diskusi dan presentasi

 

G. Media : TEKS dan LCD

 

H. Sumber : Bahasa Inggris kelas X , Kemdikbud

Kumpulan RPP Kurikulum 2013 untuk SMA atau SMK

I. Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan

  • Memusatkan perhatian peserta didik dengan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana ungkapan yang sering sering siswa berikan kepada teman yang sedang bersedih, dsb.
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya : guru bertanya tentang cara mengungkapkan rasa perhatian
  • Siswa menerima informasi manfaat dalam kehidupan mempelajari penggunaan ungkapan perhatian.
  • Guru menjelaskan acuan materi , yaitu tentang ungkapan perhatian ( expresing care)

 

b. Kegiatan Inti

Observasi :

  • Siswamenggamati guru yang memberikan contoh vidio orang menggunakan ungkapan perhatian
  • Siswa mengamati teks tulis tentang ungkapan perhatian
  • Siswa berupaya menemukan informasi terkait contoh yang diberikan guru dan teks yang diberikan guru tentang ungkapan perhatian.

 

Questioning:

  • Siswa di minta membuat pertanyaan tentang terkait contoh yang diberikan guru dan teks yang diberikan guru tentang ungkapan perhatian baik secara lisan maupun tulisan .
  • Guru bertanya tentang pertanyaan kepada siswa tanpa memberi tahu jawabanya.

 

Eksplorasi:

  • Siswa berlatih percakapan menggunakan teks ungkapan perhatian yang ditayangkan guru secara berpasangan
  • Siswa berlatih percakapan menggunakan teks perkenalan yang ditayangkan guru dalam kelompok
  • Guru memberi contoh cara mengucapkan ungkapan-ungkapan sulit dalam percakapan yang diikuti oleh siswa
  • Siswa berlatih kembali percakapan dalam kelompok
  • siswa membuat kalimat sederhana menggunakan ungkapan perhatian secara individu seperti contoh teks yang diberikan oleh guru sebelumnya.
  • siswa membuat dialog sederhana tentang ungkapan perhatian secara berkelompok.

 

 

Mengasosisi:

  • Secara individu siswa menemukan makna serta tujuan yang terdapat dalam teks tulis ungkapan perhatian.
  • Siswa menyampaikan jawaban makna dan tujuan dari teks tulis ungkapan perhatian
  • Siswa lain menanggapi jawaban
  • Guru menanggapi dan memberikan penjelasan

(Dapat dilakukan latihan kembali untuk penguatan dengan teks berbeda)

——————————-

  • siswa menemukan langkah penulisan teks ungkapan perhatian dengan berkelompok.
  • Secara berpasangan, siswa menuliskan ungkapan perhatian dalam teks dialog sesuai langkah retorika.
  • Siswa menyampaikan jawaban
  • Siswa lain menanggapi jawaban
  • Guru menanggapi dan memberikan penjelasan

(Dapat dilakukan latihan kembali untuk penguatan dengan teks berbeda)

 

Mengkomunikasikan:

  • Siswa menuliskan teks dialog sederhana tentang expresing care secara berpasangan.
  • Siswa mempresentasikan hasil karya
  • Siswa lain menanggapi karya teman yang telah dipresentasikan
  • Guru memberikan tanggapan dan penjelasan.

—————————

  • siswa melakukan kegiatan berdialog secara berpasangan tentang expresing carem dengan menggunakan pronounciation yang benar.
  • siswa lain menanggapi kegiatan berdialog
  • Guru memberikan tanggapan dan penjelasan
  • Guru memberi contoh mengungkapkan memperkenalkan diri dengan pronunciation, intonation, dan stresss dengan benar
  • Siswa berlatih kembali mengungkapkan memperkenalkan diri dengan memperhatikan pronunciation, intonation, dan stresss dengan benar

—————————-

KegiatanPenutup

  • Siswa bersama guru menyampaikan manfaat, menyimpulkan hasil pembelajaran tentang ungkapan perhatian ( expresing care )
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

 

J. Penilaian

  1. Penilaian proses (sikap)
NoAspek yang dinilaiTeknik PenilaianWaktu PenilaianInstrumen PenilaianKet
1.SemangatPengamatanProses

Pembelajaran

Rubrik dan lembar Pengamatan 
2.Santun
3.Peduli
4.Tanggung jawab

 

  1. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian KompetensiTeknik PenilaianBentuk PenilaianInstrumen
1. Menuliskan makna teks dalam ungkapan perhatianTes tertulisUraianSoal uraian (tertulis )
2. melengkapi ungkapan perhatian dalam dialogTes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
3.Menuliskan tujuan ungkapan perhatianTes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
4. Menuliskan teks ungkapan perhatian dalam dialog singkatUnjuk kerjaKeterampilanRubrik dan lembar pengamatan unjuk kerja
5. Melafalkan dialog tentangung kapan perhatian dengan menggunakan pronounciacion, intonation, fluency yang tepat.Unjuk kerjaKeterampilanRubrik dan lembar pengamatan unjuk kerja

 

Soal /instrumen, penskoran, dan kunci jawaban:

1 lembar pengamatan sikap

            LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran :……………………………………………………………………………………..

Kelas/Semester:……………………………………………………………………………………..

Tahun Ajaran  :……………………………………………………………………………………..

Waktu Pengamatan:………………………………………………………………………………..

 

Berilah nilai 4,3,2,1 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

NoNama SiswaSemangatSantunPeduliTanggungjawab
1234123412341234
1.                 
2.                 
3.                 
4.                 
5.                 
                 

 

Keterangan :

 

4 = amat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang


Nilai     = ∑ Skor perolehan / Skor Maksimal  X 100

 

Kriteria Nilai

A  =     80 – 100   :    Baik Sekali

B  =     70 – 79     :    Baik

C  =     60 – 69     :    Cukup

D  =     ‹ 60          :    Kurang

 

2. Soal penilaian hasil :

A. Read the the dialog and answer the question !

Ana        :    Hi guys. . .

Bella      :    Hi!

Ana        :    How are you?

Bella      :    Excellent, and you?

Ana        :    Fine, thanks.

Bella      :    What are you doing here?

Ana       :    Oh, I’m reading a book.

Bella      :    What book is it?

Ana       :    It’s Biology book…about plants and animals.

Bella      :    Really?? Where did you buy it?

Ana       :    I bought it in Gramedia book store.

Bella      :    Mmm…Can you tell me, how much is it?

Ana       :    It’s Rp. 60.000,00.

Bella      :    When did you buy it?

Ana       :    I bought it about a month ago. Do you have an interest in it?

Bella      :    Oh, yes! I need that book for doing a task from my teacher.

Ana       :    What task is it?

Bella      :    Summery of the plant’s classification

Ana       :    Oh, I see

Bella      :    Yes, I’ll buy it. Ok, thanks for your information. I’ve got to go now. See you.

Ana        :    Oke.

 

Questions :

  1. What is the dialog talking about ? (indicator 1)
  2. What is the underline word express ?(indicator 3)

 

B. Complete the dialog with attention expression in the options below!(indicator 2)

Ayu     :    “How are you, today?

Adi      :    “I am very well. Thank, and you?

Ayu     :    “I am fine, too.…… (1) Don’t you fell different today? Because you look so pale.   ……… (2)

Adi      :    “I don’t think so I am just like usual, but thank you.

Ayu     :    You are wearing a good shirt. I like it. Where did you buy? …………..(3)

Adi      :    I bought in Distro. ….(4). May be in early evening I’ll go todoctor to check it.

Ayu     :    mm..ok. I hope you okay.

Adi      :    ……(5) ,I’m sorry ,, I should be back home.

Ayu     :    Ok, be careful.

 

 

Options

a. you must check your condition to doctor

b. thanks

c. really ?

d. thanks for your attention to me

e. I think you have bad condition

 

 C. Write a dialog about expressing attention in the hospital between Ani and Ana ! (indicator 4)

Read the dialog use pronunciation, intonation, and fluency correctly!

A    :    Hi, Sonia. I watched your concert last night. That was awesome. You can be a great pianist.

B    :    Actually I wasn’t that great.

A    :    What are you talking about? You played it very well.

B    :    Actually, I can’t play piano.

A    :    Why? I think your playing was great.

B    :    It wasn’t me. It’s my twin sister, Sania.

A    :    Really? I thought it was you. I’m sorry. That’s fine.

B    :    No. It really makes me ashamed.

A    :    That’s all right. At least you can feel proud having such great sister.

 

  1. Penskoran : rentang 0-100

Benar = 1     Salah = 0     NA = Jumlahbenar X 50

Benar = 1       Salah = 0     NA = Jumlahbenar X 20

 

NA =Jumlah benar / jumlah maksimal X 100

 


 

Rubrik menulis :

            NO      ASPEK                       RENTANG NILAI

  1. Grammar                                   1      2     3     4
  2. Punctuation                             1     2     3     4
  3. Capital letter                            1     2     3     4
  4. Content                                      1     2     3     4

 

Keterangan : 4 = baik sekali     3 = baik         2 = cukup         1 = kurang

 

   NA = nilai di dapat/ nilai maks x 100

 


 

Rubrik berbicara :

NO     ASPEK             RENTANG NILAI

  1. Fluency 1     2     3     4
  2. Pronunciation 1     2     3     4
  3. Intonation 1     2     3     4

Keterangan : 4 = baiksekali     3 = baik         2 = cukup         1 = kurang

NA = nilai di dapat/ nilai maks x 100

 


 

  1. Kunci Jawaban :

A.
1. The book that is bought by Ana

2. The underline word expresses surprise

B.
1. Really?

2. I think you have bad condition

3. You must check your condition to doctor

4. Thanks for your attention to me

5. Thanks

 


 

5. Instrumen penilaian menulis :

NONama siswaAspekSkorNA
GrammarPunctuationCapital LetterContent
1       
2       
3       

 

  1. Instrumen berbicara :
NONama SiswaAspekSkorNA
FluencyPronunciationIntonationContent
1       
2       
3       

 

Tempat, tanggal dan tahun

        Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

 

Nama Kepala Sekolah                                                                                                                      Nama Guru

 

 

Demikialah contoh RPP untuk kelas X SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.

Kumpulan RPP Kurikulum 2013 untuk SMP atau MTs

RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Surat Pribadi

RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Descriptive Text

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Announcement

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Ungkapan Selamat Bersayap

RPP Listening tentang Expressing of Apologizing and Politeness

Contoh RPP Listening tentang Asking for Information and Thanking

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Jati Diri

RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu

RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Introduction

Contoh RPP tentang Command and Prohibition SMP Kelas 7

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013