Berikut adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang sering dikenal dengan RPP untuk tingkat MTs atau SMP kelas 7 semester 1 dengan menggunakan kurikulum 2013.
RPP Bahasa Inggris kelas 7 Semester ganjil tentang menyebutkan nama-nama binatang dan benda
Berikut adalah link artikel yang terkait untuk materi RPP ini. Silahkan dicek dengan cara diklik. semoga bermanfaat. Kosa Kata Bahasa Inggris tentang Hewan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMP / MTs
MATA PEMBELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER : VII/ 1
MATERI POKOK : Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan nama- nama binatang dan benda.
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
INDIKATOR
- Menunjukan sikap sungguh- sungguh dalam belajar.
- Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, pedulih, kerjasama dalam menyebutkan nama- nama binatang dan benda.
- Menggunakan tekanan kata dan intonasi kalimat dalam menyebutkan nama – nama bintang dan benda dengan tepat.
- Menyebutkan nama- nama binatang dan nama benda yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
- Menggunakan struktur teks yang benar untuk menanyakan nama dan jumlah benda, binatang dan bangunan public.
- Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menyatakan dan menanyakan nama- nama binatang, benda, bangunan public dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar yang sesuai konteks.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui contoh, peserta didik dapat menuliskan nama binatang dan nama benda ke dalam praktik bahasa inggris.
- Melalui contoh, peserta didik dapat mengungkapkan dan menyebutkan secara lisan nama binatang dan benda ke dalam praktik bahasa inggris.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari
Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi nama- nama binatang dan benda yang ada dikehidupan sehari- hari dan sekitarnya.
Struktur teks
It’s my cricket.
They are my cats. There are many fireflies in the farm., What is it?
Are they your toys? Which one is your book?
How many cows do you have?
The hospital is near the post office.
The police station is in the corner. dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
- Nama benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen, chicks, house lizard, dragon fly, cockroaches, mosquitoes.
- Nama bangunan umum: the post office, the bank, the hospital.
- Kata tanya What?Which one? How many?
- Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
- Kata ganti it, they, this, that, those, these.
- Ungkapan There is/are…, Are there …?
- Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
Topik
Benda, binatang, bangunan umum yang terdapat di lingkungan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku ramah lingkungan, percaya diri, dan tanggung jawab.
E. METODE PEMBELAJARAN
Scientific Approach dengan pendekatan Discovery learning.
F.MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media : Gambar, benda- benda yang ada di dalam kelas.
- Alat/ bahan : Kamus, papan tulis, Poster, LKS
- Sumber belajar : Buku wajib siswa SMP kelas VII ‘When English Ring’s Bell’
G. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN.
LANGKAH PEMBELAJARAN UMUM
Mengamati
- Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks.
- Siswa mengikuti interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
- Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanyakan
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar penyebutan dan pertanyaan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengumpulkan Informasi
- Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatanlain yang terstruktur.
- Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran
Mengasosiasi
- Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
- Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia
Mengkomunikasikan
- Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
- Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam jurnal belajarnya.
LANGKAH PEMBELAJARAN KHUSUS
Peserta Didik | Guru |
Kegiatan Mengamati | |
· Peserta didik mengamati ujaran yang di ungkapkan oleh guru tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks.
· Peserta didik mengikuti guru bagaimana menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks. · Peserta didik mengamati berbagai jenis hewan dan cirri- ciri hewan pada gambar yang diberikan oleh guru. |
· Guru mencontohkan cara membaca menanyakan tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks.
· Guru memperhatikan peserta didik saat mengikuti guru bagaimana menanyakan tentang nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks. · Guru mendampingi dan memperhatikan peserta didik ketika mengamati berbagai jenis hewan dan cirri- ciri hewan pada gambar |
Kegiatan Bertanya | |
· Peserta didik menanyakan bagaimana mengucapkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks
· Peserta didik menanyakan arti beberapa kata yang sulit. |
· Guru menanyakan pemahaman peserta didik mengenai materi yang sedang diajarkan
· Guru menjelaskan apa yang ditanyakan oleh peserta didik. |
Kegiatan Mengumpulkan Informasi | |
· Peserta didik membaca kembali contoh tentang menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks.
· Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks. · Peserta didik menuliskan jawabanya secara baik dan benar. |
· Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan. |
Kegiatan Mengasosiasi | |
· Peserta didik membaca beberapa kalimat tentang menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks. · Peserta didik menuliskan kembali kalimat tentang menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks yang telah dipelajari sebelumnya. |
· Guru membacakan cara pengucapan kalimat- kalimat yang ada.
· Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan. |
Kegiatan Mengkomunikasikan | |
· Peserta didik memperlihatkan hasil tulisanya kepada guru dan teman sebangkunya.
· Peserta didik memperlihatkan jawaban yang dituliskan oleh temanya. · Peserta didik memberikan mengenai jawaban temanya. |
· Guru memberikan masukan atas jawaban yang dituliskan oleh peserta didik. |
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
KRITERIA PENILAIAN
- Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
- Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks Menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik
- Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
CARA PENILAIAN
Kinerja (praktik)
- Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
- Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.
Observasi:
(Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:)
- Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik ketika muncul kesempatan.
- Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.Perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi.
Penilaian diri:
- Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan (a) namadan jumlah binatang (b) bangunan publik.
INSTRUMENT PENILAIAN
1.Lembar pengamatan sikap
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP PERCAYA DIRI
Kelas : ……………
Tanggal Pengamatan : ……………
Materi Pokok : ……………
No | Nama Siswa | Aspek Pengamatan | Jumlah | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | ||||||||
2 |
Keterangan Aspek Pengamatan :
- Berani presentasi didepan kelas
- Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
- Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
- Mampu membuat keputusan dengan cepat
- Tidak mudah putus asa / pantang menyerah
Keterangan :
4 = amat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
∑ Skor perolehan
Nilai = —————————- X 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = ‹ 60 : Kurang
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang- kadang tidak melakukan.
2 = kadang – kadang, apabila kadang- kadang melakukan dan kadang- kadang tidak melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP KEJUJURAN
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :
No | Nama Siswa | Aspek Pengamatan | Jumlah | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1 | ||||||||
2 |
Keterangan aspek pengamatan :
- Tidak mencontek dalam mengerjakan ujian / ulangan/ tugas
- Tidak melakukan plagiat (mengambil, menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
- Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
- Melaporkan data atau informasi apa adanya
- Mengikuti kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
2.Pengetahuan
2.1 Menirukan model tentang menyatakan, benda – benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan intonasi yang tepat.
Intruksinya:
- Listen your teacher reading the words, and repeat after him/her.
- Listen to your teacher reading the words and repeat after him/her.
2.2 Menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan gambar atau kartu.
Intruksinya :
- Observe the pictures. Name the objects. Write down the name and the number of the objects.
- Look at the pictures below. Work with a partner to make sentences. Refer to the examples.
- Write sentences in the table below using the information given.
- Write sentences in the table below using the pictures given.
- Write sentences in the table below using the pictures given.
- Observe the pictures. Name the animals. Write down the name and the number of the animal.
Contoh Rubric Pengetahuan Dengan KKM 70
NO | NAMA | SOAL | NILAI | DESKRIPSI | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||||
1 | |||||||||||||
2 | |||||||||||||
3 |
Soal Benar : 1
Soal Salah : 0
Rubric penilaian
Jumlah soal benar X 10: 100
3.Keterampilan menulis
3.1 Mendiskripsikan gambar sesuai dengan jumlah benda yang ada didalam gambar.
Intruksinya :
- Please describe the picture. (Page 90)
- Please describe the picture. (Page 96)
3.2 Menuliskan nama tempat yang ada di dalam gambar dan apa yang dapat kita lakukan pada tempat umum yang ada didalam gambar tersebut.
Intruksinya :
- What is it? What do you think about it? What can we do there? (Page 97)
Contoh Rubrik penilaian menulis
Dengan jumlah soal 10 nomor, tiap jawaban benar diberi score 10
NO | NAMA SISWA | SCORE | Jumlah | KET | |||
Grammar/40 | Vocab /20 | Coherency/20 | Spelling /20 | ||||
1 | |||||||
2 |
Tempat, tanggal dan tahun
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nama Kepala Sekolah Nama Guru
Demikialah contoh RPP untuk kelas XI SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.
RPP K13 Kelas XI tentang Giving Opinion
RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Surat Pribadi
RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation
RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Descriptive Text
RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Announcement
RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Ungkapan Selamat Bersayap
RPP Listening tentang Expressing of Apologizing and Politeness
Contoh RPP Listening tentang Asking for Information and Thanking
Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Jati Diri
RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu
RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Introduction