Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Jati Diri

Posted on

Good morning, readers!
Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris kelas 7 Semester 1 tentang Jati Diri.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Satuan Pendidikan                  : SMP/MTs

Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        : VII/Satu

Materi pokok                           : Jati Diri

Alokasi Waktu                       : 4 pertemuan ( 8 JP )

 

A. Kompetensi Inti

1.
2.

3.

4.

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

 

 

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

NoKompetensi dasarIndikator pencapaian kompetensi
11.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.Sebagai bukti bahwa siswa mensyukuri mendapat kesempatan belajar Bahasa Inggris:
  1.1.1. Siswa menggunakan sapaan secara nyata ketika bertemu dengan orang-orang di sekitarnya.
  1.1.2.   Siswa menggunakan ungkapan perkenalan diri dalam situasi yang nyata.
  1.1.3.  Siswa menggunakan ungkapan berpamitan/berpisah dalam situasi yang nyata.
  1.1.4.  Siswa menggunakan ungkapan terima kasih dalam situasi yang nyata.
  1.1.4.  Siswa menggunakan ungkapan permintaan maaf dalam situasi yang nyata.
22.1. Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.2.1.1.  Siswa menyapa orang-orang di sekitarnya dengan cara yang santun dan berterima.
  2.1.2.  Siswa memperkenalkan diri dengan cara yang santun dan berterima.
   
  2.1.3. Siswa berpamitan/berpisah dengan cara yang santun dan berterima.
  2.1.4. Siswa berterima kasih dengan cara yang santun dan berterima.
  2.1.5. Siswa meminta maaf dengan cara yang santun dan berterima.
33.4.      Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.3.4.1.    Menentukan tujuan komunikatif text.

3.4.2.    Mengidentifikasi struktur text.

3.4.3.    Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

44.5. Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.4.5.1. Menanyakan jati diri seseorang secara lisan dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.

4.5.2. Memaparkan jati diri seseorang secara lisan dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.

4.5.3. Menanyakan jati diri seseorang secara tulis dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.

4.5.2. Menyatakan jati diri seseorang secara secara dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.

 

C. Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan pertama

Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  • Mengidentifikasikan tujuan komunikatif text jati diri secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru.
  • Mengidentifikasi struktur text jati diri secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru.
  • Mengidentifikasi kata tanya who?, which?, how?, etc. secara berkelompok.
  • Mengidentifikasikan personal pronouns (I, You, We, They, He, She, dan It) secara berkelompok.
  • Mengidentifikasikan possessive pronouns (my, your, our, their, his, her, dan its) secara berkelompok.
  • Mengidentifikasikan verb (be, have, work, live, etc.) secara berkelompok.
  • Menyebutkan singular dan plural nouns baik yang beraturan maupun tidak beraturan secara berkelompok.

 

Pertemuan kedua

Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  • Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris.
  • Bertanggung jawab atas tindakan anggota kelompoknya saat menjadi pemimpin kelompok.
  • Mengakui ketika membuat kesalahan.
  • Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
  • Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan oleh orang lain.
  • Menanyakan jati diri seseorang secara lisan dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.
  • Memaparkan jati diri seseorang secara lisan dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.
  • Menanyakan jati diri seseorang secara tulis dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.
  • Menyatakan jati diri seseorang dengan memperhatikan unsure kebahasaan yang benar sesuai konteks.

D. Materi Pembelajaran

  1. Pertemuan pertama
    Fungsi sosialnya      : Mengidentifikasi tujuan komunikatif text jati diri secara berkelompok.
    Struktur teks           : Memahami struktur text jati diri yang disajikan oleh guru.
    Unsur bahasa          :
  • Kata tanya : who?, which?, how?, etc.
  • Personal pronouns (I, You, We, They, He, She, dan It).
  • Possessive pronouns (my, your, our, their, his, her, dan its).
  • Verb (be, have, work, live, etc.)
  • Singular dan plural nouns baik yang beraturan maupun tidak beraturan.

    Topik            : Myself

 

  1. Pertemuan kedua
    Fungsi sosialnya   : Mengidentifikasi tujuan komunikatif text jati diri secara berkelompok.
    Struktur teks           : Memahami struktur text jati diri yang disajikan oleh guru.
    Unsur bahasa          :
  • Kata tanya : who?, which?, how?, etc.
  • Personal pronouns (I, You, We, They, He, She, dan It).
  • Possessive pronouns (my, your, our, their, his, her, dan its).
  • Verb (be, have, work, live, etc.).
  • Singular dan plural nouns baik yang beraturan maupun tidak beraturan.

    Topik            : Everybody in my family

 

E. Metode Pembelajaran

        Metode               : Scientific Aproaches = Pendekatan saintifik.

Strategi               : Pengamatan, diskusi, kerja kelompok (kerja berpasangan),

pemodelan, mempraktikkan.

 

F. Media, alat, dan sumber pembelajaran

Media                 : Model, ucapan, dan tindakan guru.

Alat                    : Spidol, Komputer, LCD.

Sumber               : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris.

When English Rings the Bell. Jakarta:Politekhnik Negeri Media

Kreatif. Hal. 52 – 75.

 

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

a. Pendahuluan (10 menit )

  • Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English

     environment.

  • Guru mengecek kehadiran siswa.

 

b. Kegiatan inti (60 menit)

Mengamati :

1.      Siswa mendengarkan/memperhatikan interaksi memaparkan jati dirinya.

2.      Siswa mengikuti interaksi memaparkan jati diri.

3.      Siswa menirukan model text memaparkan jati diri.

 

Mempertanyakan :

Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pemaparan jati diri. Misalnya bertanya dengan menggunakan kata tanya seperti what, who, where, how?.

 

Mengeksplorasi/mencoba :

Siswa mencoba memaparkan jati dirinya sendiri di dalam kelompoknya.

 

Mengasosiasi/menganalisis :

Dengan bekerja kelompok, siswa membandingkan ungkapan tentang jati diri dari sumber-sumber lain.

 

Mengomunikasikan :

Secara individual, siswa memaparkan tentang jati dirinya sendiri didepan kelompoknya.

 

c. Penutup

  • Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
  • Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
  • Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

 

Pertemuan kedua

a. Pendahuluan (10 menit)

  • Guru memberi salam.
  • Guru memeriksa kehadiran siswa.
  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk menikuti proses pembelajaran.
  • Guru menyatakan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diajari.
  • Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
  • Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan yang akan dilalui.

 

b. Kegiatan Inti (60 menit)

Mengamati :

1.      Siswa mengamati teks sederhana tentang menanyakan jati diri.

2.      Siswa melakukan Tanya jawab dengan guru untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui.

Menanyakan :

1.      Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi teks, makna kata, tata bahasa, struktur teks, fungsi komunikatif serta hal-hal lain yang ingin diketahui.

2.      Siswa menanyakan tentang cara menanyakan jati diri.

3.      Siswa menanyakan tentang cara memaparkan jati diri.

Mengumpulkan informasi :

1.      Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 5 orang.

2.      Siswa menerima pembagian contoh teks yang berkaitan dengan pemaparan jati diri.

3.      Siswa menggarisbawahi kata-kata yang menerangkan jati diri.

Menganalisis informasi :

1.      Siswa   menidentifikasikan fungsi dan jenis kata yang ditandai dengan garis bawah.

2.      Siswa mengidentifikasi struktur kalimat yang terdapat dalam teks.

3.      Siswa mengidentifikasi tujuan komunikatif berdasarkan kalimat pengarah dari guru.

4.      Siswa mengidentifikasi struktur teks berdasarkan pertanyaan pengrah dari guru.

Mengkomunikasikan :

1.      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan temuan-temuan yang berkaitan dengan Kata Tanya : who?, which?, how?, Personal pronouns (I, You, We, They, He, She, dan It), Possessive pronouns (my, your, our, their, his, her, dan its), Verb (be, have, work, live, etc.), Singular dan plural nouns baik yang beraturan maupun tidak beraturan.

 

c. Penutup :

  • Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaatnya.
  • Siswa dan guru saling member umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menyusun teks sederhana tentang mapaparkan jati diri.
  • Siswa memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
  • Siswa dan guru menutup kegiatan pembelajaran dengan rasa bahagia.

 

 

I. Penilaian

Terlampir

 

                                                            Nama Tempat, Tanggal – Bulan – Tahun

                             Mengetahui,

           Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

Nama Kepala Sekolah                                                                          Nama Guru

 

Lampiran 1: Intrumen Penilaian

  1. Instrumen penilaian sikap

Lembar Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….

Hari, tanggal               : ……………………….

Materi Pokok/Tema     : ……………………….

            NoNama Peserta DidikSikapKeterangan
JujurDisiplinTanggung JawabToleransiGotong RoyongSantunPercaya Idris
1Alfi        
2Ridho        
3Badu        
Dst….        

Keterangan Penskoran :

4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap

2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap

1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

 

 

2. Instrumen penilaian pengetahuan

  1. Complete the the dialogue text bellow correctly:

Dayu   : Hi. I am Dayu. What’s your name?

Andi    : …………………..

Dayu   : How do you spell your name?

Andi    : …………………..

Dayu   : Where are from?

Andi    : ………………….. And you?

Dayu   : I am from Bali.

Andi    : How old are you, Dayu?

Dayu   : Eleven years old. …………………………?

Andi    : I am twelve years old.

Dayu   : ………………………?

Andi    : I live in Dermayu. And you, Dayu?

Dayu   : …………………………….

 

  1. Please, you write on a paper a short paragraph about your family members.
  2. Tell in front of the class about your family members.