Contoh RPP tentang Command and Prohibition SMP kelas 7

Contoh RPP tentang Command and Prohibition SMP Kelas 7

Posted on

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah           : …….

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/Semester          : VII/I

Alokasi Waktu           : 2×40 menit

Standar Kompetensi : Mendengarkan

  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Berbicara

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekatContoh RPP tentang Command and Prohibition SMP kelas 7

Kompetensi Dasar     :
Mendengarkan
1.1.
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang.

Berbicara
3.1.
Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang.

 

 

Indikator:
1. Merespon ungkapan memerintah atau melarang yang didengar.

2. Menirukan ucapan guru tentang ungkapan memerintah atau melarang

3. Mengidentifikasi ungkapan memerintah atau ungkapan melarang.

4. Melakukan percakapan sederhana tentang ungkapan memerintah atau melarang.

 

Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat:
1. Merespon ungkapan memerintah atau melarang yang didengar
2. Menirukan ucapan guru tentang ungkapan memerintah atau melarang.
3. Mengidentifikasi ungkapan memerintah atau ungkapan melarang.
4. Melakukan percakapan sederhana tentang ungkapan memerintah atau melarang.

 

Nilai Karakter           : Komunikatif, Percaya diri, dan Kerja Keras

Materi Pembelajaran: Command and Prohibition

Command and Prohibition are used to ask someone to do something.

 

Command Verbal:
V1 + Complement

 

*Open your book/dictionary!

*Close your book/dictionary!

*Sit down!/ *Stand up!

*Clean the whiteboard!

Command Non-Verbal:
Be + Adjective

*be careful!

*be on time!

*be diligent!

*be a good student!


Prohibition Verbal:

*Don’t cheat

*No cheating

*Don’t cry

 

Prohibition Non-Verbal:

*Don’t be lazy

*Don’t be shy

*Don’t be late

*Don’t be careless


Respond:

  • Okay sir/ mam/ guys/ miss Aurora.
  • All right sir/ mam/ guys/ miss Aurora.
  • Yes sir/ mam/ guys/ miss Aurora.

Metode/ Model Pembelajaran : TPR, ceramah, diskusi, dan demonstrasi.

Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan awal:

  • Greeting (memberi salam)
  • Assalamualaikum, good morning my students? How are you today?
  • Anyone of you does not come today?
  • By the way, did you study last night?
  • .. now, are you ready to start our class?
  • Before we start, I will ask you about material in last meeting. Do you still remember what is about?
  • My students, today we will learn about something that often we do in daily activity. Before it, we will play game.
  • Guru mengajak siswa bermain game “simon says” yang berisi tentang command and prohibition.
  • Siswa mencari informasi mengenai topic/materi yang akan dibahas.
    “Anyone of you know what it is called?”
  • Guru memberikan motivasi akan pentingnya materi ini.

 

Kegiatan Inti
Eksplorasi
:

  • Siswa dipacu untuk mencari ungkapan command and prohibition yang sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang materi command and prohibition.
  • Siswa dipacu untuk menemukan ungkapan command and prohibition yang berorientasi pada game yang diberikan oleh guru.


Elaborasi

  • Siswa menirukan ucapan guru dalam melafalkan suatu percakapan didalam dialog yang diberikan oleh guru.
  • Siswa memperhatikan contoh percakapan yang dipraktekkan oleh guru.
  • Secara berpasangan, siswa diminta membuat dialog sederhana yang berisi command dan prohibition sesuai dengan flash card yang didapatkan.
  • Secara berpasangan siswa melakukan dialog yang mereka buat disertai tindakan (TPR) didepan kelas.

Konfirmasi      :

  • Guru memberikan konfirmasi dari hasil eksplorasi dan elaborasi yang dilakukan siswa dengan cara menghubungkan contoh yang diberikan siswa terhadap materi yang sedang diajarkan.
  • Guru memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh seperti membaca sumber buku lain atau dari internet.
  • Guru memberikan reinforcement.
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas

 

Kegiatan Penutup:

  • Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan dari materi yang dibahas.
  • Guru memberi motivasi agar siswa melakukan praktik giving command and prohibition pada kehidupan sehari-hari baik pada teman, guru atau pun keluarga dirumah.
  • Guru memberi PR dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

 

Sumber:

  • Wardiman, Artono. 2008. English in Focus for grade VII Junior High School. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
  • 2004. EOS: English on Sky. Jakarta: Erlangga.
  • 2010. Command and Prohibition http://3nglish7.blogspot.com (Date Acces, of July 2013)
  • Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English, Oxford University Press

 

Penilaian:

Instruction: Take a flash card! Make a simple dialog about command or prohibition according to the flash card that is taken. Perform and practiced your dialogue with your chair mate in front of the class!

 

Penskoran:

Rubik

CategoryTingkatan
(4) Exemplory(3) Proficient(2) Developing(1) Not yet accaptable
PresentationSaat berbicara ada kontak mata dengan lawan bicara , berbicara keras, jelas dan dengan ekspresiSaat berbicara ada kontak mata dengan lawan bicara, berbicara keras dan jelasSaat berbicara kadang-kadang ada kontak mata, berbicara kurang keras dan kurang jelas.Saat berbicara tidak ada kontak mata, berbicara tidak keras dan terbata-bata
ComprehensiblePendengar sangat mudah memahami apa yang disampaikan tanpa ada pemahaman lainPendengar mudah memahami apa yang disampaikan, ada beberapa bagian membutuhkan pemahamanPendengar agak sulit memahami apa yang disampaikanPendengar sulit memahami apa yang disampaikan
PronunciationPelafalan sangat jelas dan lancarPelafalan jelas, kurang lancar tetapi tidak mengganggu komunikasiPelafalan kurang jelas dan kurang lancar, mengganggu komunikasi.Pelafalan tidak jelas dan tidak lancar sehingga sangat mengganggu konsentrasi
VocabularyPemilihan kosa kata tepat dan kaya akan kosa kataPemilihan kosa kata tepatPemilihan kosa kata kadang tepatPemilihan kosa kata tidak tepat

 

Nilai Akhir(NA) = x 100

Tempat, tanggal dan tahun

 

Mengetahui,

     Kepala Sekolah                                                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Nama Kepala Sekolah                                                                                                  Nama Guru

 

 

Lampiran Materi
Subject                       : English

Class/Semester    : VII/I

Topic                          : Command and Prohibition

 

 

Command and Prohibition are used to ask someone to do something.

 

Command Verbal:

*Open your book/dictionary!

*Close your book/dictionary!

*Sit down!/ *Stand up!

*Clean the whiteboard!

Command Non-Verbal:

*be careful!

*be on time!

*be diligent!

*be a good student!


Prohibiton Verbal:

*Don’t cheat

*No cheating

*Don’t cry

*Don’t shy

*Don’t litter

Prohibition Non-Verbal:

*Don’t be lazy

*Don’t be shy

*Don’t be late

*Don’t be careless

 

 

Respond:

  • Okay sir/ mam/ guys/ miss Aurora.
  • Alright sir/ mam/ guys/ miss Aurora.

 

Example:

Dialogue

One morning in VII J class.

Abi: Hello Umi. What are you doing?

Umi: I am doing my homework.

Abi: Don’t be lazy! You must do your homework at home.

Umi: Emm… But, open your book!

Abi: What will you do? Remember, no cheating! Do it by yourself!

Umi: Okay guys.

 

Task:

Instruction: Take a flash card! Make a simple dialog about command or prohibition according to the flash card that is taken. Perform and practiced your dialogue with your chair mate in front of the class!

Homework:

Make dialogue about command and prohibition.

 

 

 

Lampiran Form Penilaian

Nilai Speaking           : Giving Command and Prohibition.

Kelas/ Semester         : VII/I

 

NO absenNamaPresentationComprehensiblePronunciationVocabularyTotalNA