RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu

Mr Min

Berikut adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang sering dikenal dengan RPP untuk tingkat MTs atau SMP kelas 7 semester 1 dengan menggunakan kurikulum 2013.

RPP Bahasa Inggris kelas 7 Semester ganjil tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

 

Satuan Pendidikan                 : MTs / SMP
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : VII/1

Materi Pokok                            : Teks lisan dan tulis menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

Alokasi Waktu                          : 3 x 4JP

 

A.KOMPETENSI INTI (KI)

KI-1    :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI-2    :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3    :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI-4    :Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

 

B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

  • KOMPETENSI DASAR

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa     pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk   menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

  1. INDIKATOR
  2. Berdoa pada awal dan akhir pembelajaran.
  3. Menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam belajar
  4. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam pembelajaran.
  5. Menirukan model ungkapan-ungkapan tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
  6. Menggunakan kalimat tanya yang tepat sesuai dengan konteksnya tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
  7. Melengkapi kalimat dengan kata/frase berdasarkan gambar tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
  8. Membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
  9. Mengungkapkan ungkapan yang berkaitan dengan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

 

C. TUJUAN PENDAFTARAN

  1. Melalui contoh, peserta didik dapat memahami teks nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun ke dalam tulisan bahasa Inggris.
  2. Melalui contoh, peserta didik dapat mengungkapan, menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris.

 

D. MATERI PEMBELAJARAN

Teks lisan dan tulis menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

 

Fungsi sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

 

Struktur teks

  1. What day is it today?
  2. It’s Monday Today.
  3. It is Tuesday tomorrow.
  4. When do we have English?
  5. What month is it?
  6. What month is before July?
  7. After March is April.
  8. I was born in January
  9. In the morning, at noon, in the afternoon, in the evening, at night, at midnight
  10. What time is it?
  11. What time do we have English on Tuesday?
  12. One to thirty, half past eight, a quarter to five, etc
  13. What date is it?
  14. What date is the Kartini Day?
  15. When were you born?
  16. The first, the second, the third, the fourth, the fifth, the twenty first etc.
  17. What year is it?
  18. When were you born?
  19. Nineteen ninety eight.
  20. Two thousand and three.

 

Unsur kebahasaan
1). Kosa kata : Kata terkait hari, bulan, waktu dalam hari, waktu dalam bentuk   angka, tanggal, dan tahun.
2). Kata kerja dalam simple present tense: be, have.
3). Kata Tanya What, When
4). Kata ganti it dan artikel the.
5). Cardinal number dan ordinal number
6). Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi

 

Topik
Days, Months, time, date, and years.

 

E. METODE PEMBELAJARAN

Scientific Approach dengan pendekatan Discovery Learning

 

F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  1. Media : Gambar, benda-benda yang ada di dalam kelas
  2. Alat/bahan : Kamus.
  3. Sumber belajar : buku wajib siswa SMP kelas VII “When English Ring’s bell”

 

 

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
LANGKAH PEMBELAJARAN UMUM

          Mengamati

  • Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
  • Siswa mengikuti interaksi menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
  • Siswa menirukan contoh-contoh kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

 

Mempertanyakan

  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa Inggris, dan perbedaan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

 

Mengekplorasi

  • Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatanlain yang terstruktur.
  • Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.

 

 

Mengasosiasi

  • Siswa membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

 

Mengomunikasikan

  • Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
  • Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam jurnal belajarnya.

 

LANGKAH PEMBELAJARAN KHUSUS

Peserta Didik Guru
Kegiatan mengamati
·         Peserta didik mengamati contoh yang diungkapkan oleh guru tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

 

·         Peserta didik bermain peran mengenai teks ungkapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

·      Guru mencontohkan cara membaca ungkapan tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan angka

 

·         Guru memperhatikan peserta didik ketika bermain peran tentang ungkapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

Kegiatan bertanya
·         Peserta didik menanyakan bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih sulit mengenai nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

 

·         Peserta didik menanyakan arti beberapa kata yang masih dirasa sulit tentang ungkapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

 

·         Guru menanyakan pemahaman peserta didik mengenai ungkapan tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

 

 

·    Guru menjelaskan apa yang

ditanyakan oleh peserta didik mengenai ungkapan tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun

Kegiatan mengumpulkan informasi
·      Peserta didik kembali membaca percakapan tentang ungkapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai maksud dari setiap kolom dan dialog yang dihubungan dengan fungsi ungkapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

·      Peserta didik menuliskan jawabannya secara baik dan benar

·  Guru menyimak bacaan siswa, dan mengoreksi bacaan yang salah.

 

 

·  Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan

 

 

 

 

 

·  Guru memberikan hasil pekerjaan siswa

 

Kegiatan Mengasosiasi
·      Peserta didik membaca beberapa kalimat terkait dengan konteks   nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

·      Peserta didik menuliskan kembali kalimat dengan menyatakan dan merespon tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

·   Guru membacakan cara pengucapan kalimat-kalimat yang ada.

 

 

·   Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan

Kegiatan Mengkomunikasikan
·         Peserta didik memperlihatkan hasil tulisannya kepada guru dan juga rekan sebangkunya tentang ungkapan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan tahun.

·         Peserta didik memperlihatkan jawaban yang dituliskan oleh temannya

·         Peserta didik memberikan masukan mengenai jawaban temannya

·  Guru mengoreksi hasil tulisan peserta didik.

 

 

 

 

 

·    Guru mengoreksi hasil jawaban siswa.

 

·    Guru memberikan masukan atas jawaban yang dituliskan oleh peserta didik

 

 

  1. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

Kriteria Penilaian

  • Tingkat ketercapaian fungsi sosial penyebutan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks perkenalan diri
  • Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi.

 

Cara penilaian

Kinerja (praktik)

  • Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
  • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

 

Observasi:

Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:

  • Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun ketika muncul kesempatan.
  • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
  • Perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi

 

Penilaian diri:

  • Pernyataan siswa secara tertulis dalam journal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan tentang (a) kemampuan dan (b) kemauan melakukan suatu tindakan serta responnya, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

 

Tes tertulis

  • Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang didalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang (a) kemampuan dan (b) kemauan melakukan suatu tindakan serta responnya.

 

 

INSTRUMENT PENILAIAN

Lembar pengamatan sikap

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB

Kelas                                  :…………….

Tanggal pengamatan   :…………….

Materi pokok                  :…………….

 

No Nama Siswa Aspek Pengamatan Jumlah  

Ket

1 2 3 4 5
1
2
3

 

Keterangan Aspek Pengamatan:

  1. Mengerjakan tugas sesuai dengan yang diinstruksikan
  2. Bekerjasama dengan siswa lainnya.
  3. Mau melakukan menjawab pertanyaan saat ditunjuk
  4. Memiliki rasa kepedulian terhadap teman
  5. Tidak membuat kelas gaduh

 

Keterangan :

4= amat baik

3 = baik

2= cukup

1= kurang

 

 

                        ∑ Skor perolehan

Nilai     =                                              X 100

                           Skor Maksimal

 

 

Kriteria Nilai

A =      80- 100            :           Baik Sekali

B =      70- 79              :           Baik

C =      60-69               :           Cukup

D =      <60                  :           Kurang

 

 

  1. Pengetahuan :

2.1 Menirukan model tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

Instruksinya :

Listen to your teacher, and repeat after him/her. (page 43)

Listen to your teacher reading these numbers. Repeat after him/her (page 51)

Listen to your teacher reading the names and repeat after him/her

(page 56)

Listen to your teacher reading these numbers. Repeat after him/her (page 58)

Please practice saying the expression above with your friends. Use different month (page 57)

2.2 Menggunakan kalimat Tanya yang tepat sesuai dengan konteksnya tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Instruksinya :

Please ask your classmates about their activities in the morning, in the afternoon, in the    evening and at night. (page 55)

Please ask your friends about their birthday (page 59)

Contoh rubric pengetahuan dengan KKM 70

NO NAMA SOAL NILAI DESCRIPSI
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1
2
3
4

 

Soal benar : 1

Soal salah : 0

Rubric penilaian

Jumlah soal benar X 20 : 100

 

  1. Keterampilan menulis

3.1 Membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

Instruksinya :

Write the names of the day when you have activities shown on the pictures (page 48)

Please write down the activity and the time in each picture (page 52)

Please write the time in words based on the picture below (page 53-54)

Please write down your daily activities here (page 55)

 

3.2 Melengkapi kalimat dengan kata/frase berdasarkan gambar tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

Instruksinya :

Complete the short dialog based on the picture (page 61)

NO NAMA SISWA SCORE jumlah KET
grammar/20 vocab

/20

coherency

/20

spelling

/20

punctuation

/20

1
2
3

 

3.2 Mengungkapkan ungkapan yang berkaitan dengan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

Contoh rubrik penilaian berbicara dengan KKM 70

NO NAMA SISWA SCORE jumlah KET
fluency

/20

pronounciation

/20

Intonation

/20

content

/20

spelling

/20

1
2
3

 

 

       Tempat, Tanggal-Bulan-Tahun

Mengetahui,

Kepala  Sekolah

 

 

 

(Nama Kepala Sekolah)

  Guru Bahasa Inggris

 

 

 

(Nama Guru )

 

 

 

Bagikan: