RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation

RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation

Posted on

Good morning readers! Happy Sunday!!

Well, berikut adalah contoh RPP kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI tentang Formal invitation atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan undangan resmi. Untuk referensi mengenai materi tentang invitation dapat di lihat pada link di artikel berikut ini:

 

RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Satuan Pendidikan : SMK/SMA

Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris

Kelas/ Semester      : XI / I

Materi Pokok            : Teks tulis berbentuk undangan resmi

Alokasi Waktu          : 4 × 45 menit

 

A. KOMPETENSI INTI (KI)

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. KOMPETENSI DASAR

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar           komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

  1. Siswa dapat menentukan fungsi undangan resmi.
  2. Siswa dapat menentukan tujuan undangan resmi.
  3. Siswa dapat menemukan informasi yang terdapat dalam undangan resmi.
  4. Secara berpasangan siswa membuat percakapan mengenai undangan resmi.
  5. Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan mengenai undangan resmi yang telah di buat.
  6. Siswa dapat membuat teks tulis undangan resmi secara individu.

 

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat :

  1. Siswa dapat menentukan fungsi undangan resmi.
  2. Siswa dapat menentukan tujuan undangan resmi.
  3. Siswa dapat menemukan informasi yang terdapat dalam undangan resmi.
  4. Secara berpasangan siswa dapat membuat percakapan mengenai undangan resmi.
  5. Secara berpasangan siswa dapat mempresentasikan hasil teks percakapan mengenai undangan resmi yang telah di buat.
  6. Siswa dapat membuat teks tulis undangan resmi secara individu.

 

 

E. MATERI PEMBELAJARAN

Fakta               :
Teks undangan resmi

Konsep            :
Makna kata-kata, fungsi, tujuan, dan informasi undangan   resmi

Prinsip             :
Hal-hal yang diperhatikan dalam percakapan (intonasi, stress, pronunciation) dan dalam penulisan (grammar, Punctuation, Capital letter)

 

F. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan     : Scientific learning

Metode            : Diskusi, Penugasan, Presentasi

 

G. MEDIA :

Teks udangan resmi, Teks Percakapan

 

H. SUMBER : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2014. Bahasa Inggris.kelas XI.Jakarta. Kemendikbud RI.

 

I. KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Kegiatan Pendahuluan

Orientasi :
Guru sebagai model memusatkan perhatian kepada peserta didik dengan cara memperlihatkan contoh undangan resmi.

Apersepsi :
Guru bertanya tentang teks undangan resmi yang telah dipelajari kemudian mengulas kembali.

Motivasi  :
Guru menjelaskan manfaat dari mempelajari materi undangan resmi.

Pemberian Acuan  :
Guru menjelaskan bahwa pokok materi adalah tentang percakapan sapaan kepada seseorang yang berkaitan dengan undangan resmi untuk mempererat silahturami serta siswa dapat membuat undangan resmi.

b. Kegiatan Inti

Observasi :

  • Siswa mengamati guru yang memberikan contoh tentang percakapan mengenai undangan resmi.
  • Siswa berupaya menemukan informasi yang diberikan guru tentang percakapan    mengenai undangan resmi.

Questioning :

  • (Guru mengarahkan agar siswa bertanya pada dirinya sendiri dan diharapkan siswa  dapat membuat pertanyaan)
  • Siswa membuat pertanyaan terkait contoh yang diberikan guru tentang percakapan  mengenai undangan resmi.
  • Guru bertanya tentang pertanyaan yang sudah dibuat siswa.

(Guru hanya mengecek apakah siswa dapat membuat pertanyaan dan guru tidak perlu menjawab pertanyaan, karena pertanyaan siswa hanya untuk  menumbuhkan rasa ingin tahu tentang materi yang akan dibahas)

 

Eksplorasi :

  • Guru memberikan teks percakapan undangan resmi.
  • Guru memberikan contoh kepada siswa, bagaimana cara membaca dengan benar dan siswa mengikuti.

 

Mengasosiasi :

  • Secara berpasangan siswa membuat teks percakapan undangan resmi.
  • Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan yang telah dibuat.
  • Secara individu siswa membuat teks undangan resmi dan mengumpulkan sebagai tugas.

 

Mengkomunikasi  :

Siswa dapat menggunakan percakapan mengenai undangan resmi dan membuat undangan resmi yang dapat diberikan kepada orang-orang terdekat.

 

c. Kegiatan Penutup

  • Siswa bersama guru menyampaikan manfaat, tujuan dan makna yang terkandung dalam undangan resmi dan menyimpulkan hasil pembelajaran.
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

 

J. PENILAIAN

NoAspek yang dinilaiTeknik PenilaianWaktu PenilaianInstrumen PenilaianKeterangan
1.SemangatPengamatanProsesRubrik dan lembar Pengamatan 
2.Santun
3.Peduli

 

1.Penilaian proses (sikap)

 

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

 

Mata Pelajaran            :………………………………………………………………………………………………….

Kelas/Semester            :………………………………………………………………………………………………….

Tahun Ajaran              :………………………………………………………………………………………………….

Waktu Pengamatan     :………………………………………………………………………………………………….

NoNama SiswaSemangatSantunPeduli
123412341234
1.             
2.             
3.             
4.             
5.             

Berilah nilai 4,3,2,1 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

Keterangan :
4   = amat baik
3   = baik
2   = cukup
1   = kurang

 

Nilai = Jumlah skor yang diperoleh / skor maksimal X 100

 

Kriteria Nilai

A =      80 – 100: Baik Sekali

B =      70 – 79    : Baik

C =      60 – 69     : Cukup

D =      < 60           : Kurang

 

2.Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian KompetensiTeknik PenilaianBentuk PenilaianInstrumen
Menangkap makna teks undangan resmi.Teks tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
Menemukan informasi yang terdapat dalam undangan resmiTeks tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
Membuat percakapan mengenai undangan pribadi secara kelompokTeks tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.Teks tertulisUraianSoal uraian (tertulis)

Soal / instrumen, kunci jawaban, dan penskoran

  • Soal/Instrumen

 

Example of Formal Invitation     

Reads this Formal Invitation Carefully to find the purpose and meaning!
(An invitation to be sent on behalf of your parents on the occasion of the wedding of your sister

 


 

Smt. And Shri K. Kumar

Request the please of your company

On the auspicious occasion of the marriage of their daughter

Reena

With

Mayank

(Son of Smt. & Shri K.L. Gupta of Rohtak)

On Friday, Date, Year, Time

At theire residence address

As per the following programme

Reception of Barat – 7 Pm

Dinner – 9:30

Doli – (Date, Year, Time)

With Best Compliments Form

All Relatives & Friends


 

Example of conversation

Arief and Rita are fond of literature. They enjoy reading stories, novels, and watching drama.

On the way home,Arief and Rita have a chat.

Arief      :
Do you have a plan for tomorrow holiday?

Rita        :
Too bad. I have nothing to do.

Arief      :
I’ve got a plan for tomorrow. You must come to my house!

Rita        :
Really? Tell me, please. Then, I’ll decide to come or not.

Arief      :
I’ve got a new interesting novel and VCD of a drama performance.

Rita        :
Wow, great. What are they about? Are they interesting?

Arief      :
If I tell you now, it won’t surprise you. Now, decide. Like to come to my house to enjoy them?

Rita        :
I’d love to. I’ll be at your house at 8.00 in the morning.

 

  1. Make a convercation with your friends about Formal Invitation!
  2. Make a formal invitation for your teacher!

 

Kunci Jawaban

  1. ……………
  2. …………….

 

Penskoran

Uraian :

  1. a) 3 = baik
  2. b) 2 = cukup
  3. c) 1 = kurang
  4. d) 0 = tidak menjawab

Jumlah benar / jumlah maksimal  X 100  = NILAI

 

Rubrik menulis :

NoNama SiswaAspekSkorNA
GrammarPunctuationCapital letterContent
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

Rubrik berbicara :

NoNama SiswaAspekSkorNA
FluencyPronunciationIntonationContent
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

Tempat, tanggal dan tahun

                                             Mengetahui,

           Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

         Nama Kepala Sekolah                                                   Nama Guru

 

Demikialah contoh RPP untuk kelas XI SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.