RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas X SMA tentang Selamat Bersayap

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Ungkapan Selamat Bersayap

Posted on

How’s life, Readers!

Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk kelas X SMA atau SMK yang membahas mengenai ungkapan selamat bersayap. Semoga membantu.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan   :    SMK

Kelas/Semester       :    X/1

Program                    :

Mata Pelajaran         :    Bahasa Inggris

MateriPokok            :    Ungkapan selamat bersayap (extended)

AlokasiWaktu          :    2 X45menit

 

A. KI

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  2. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  1. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.Kompetensi Dasar

1.1      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1     Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman

3.5     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.6   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

C. Indikator pencapaian kompetensi

  1. Menuliskan komponen informasi   dalam teks ungkapanucapan selamat bersayap (extended)
  2. Melengkapi teks yang rumpang dalam teksucapan selamat bersayap (extended)
  3. Merespon tentang ekspresi ucapan selamat bersayap (extended)
  4. Menuliskan teks ungkapanucapan selamat bersayap (extended)
  5. Mengungkapakan teks ungkapanucapan selamat bersayap (extended)

 

D. TujuanPembelajaran

Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat :

  1. Menuliskan komponen informasi   dalam teks ungkapan selamat bersayap (extended)
  2. Melengkapi teks yang rumpang dalam teksucapan selamat bersayap
  3. Merespon tentang ekspresi ucapan selamat bersayap (extended)
  4. Menuliskan teks ungkapan selamat bersayap (extended)
  5. Mengungkapkan teks ungkapan selamat bersayap (extended)

 

E.Materi pembelajaran
Fakta            :       Contoh teks ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)

                             Ungkapan dalam ucapan selamat bersayap (extended)

Happy anniversary !
Happy birthday!
Have a nice sleep!
Have a nice dream!
Have a good trip!
Congratulations on passing your exam!
Congratulations on getting a scholarship!

Konsep         :      Makna kata-kata dan ungkapan dalam teks ungkapan selamat bersayap (extended).

Prinsip          :    Tanda baca dan penulisan kata dalam menulis. Hal-hal yang diperhatikan dalam berbicara (intonation, stress, pronunciation). Cara menjawab pertanyaan.

Prosedur       :      Langkah atau urutan kegiatan dalam menjawab teks ungkap selamat bersayap (extended).

 

F. Metode Pembelajaran

Pendekatan    :      Scientific learning

Metode          :      Diskusi dan presentasi

 

RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas X SMA tentang Selamat Bersayap

 

G. Media : Gambar/Teks/LCD

 

H. Sumber : Bahasa Inggris kelas X , Kemdikbud .

 

I. Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan

  • Memusatkan perhatian peserta didik dengan mengajukan pertanyaan tentang ungkapan apa yang dipakai jika mengucapkan selamat kepada seseorang.
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya : guru bertanya tentang cara mengucapkan selamat dan menjelaskan sekilas tentang cara mengucapkan selamat
  • Siswa menerima informasi manfaat mempelajari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) dalam kehidupan sehari- hari.
  • Guru menjelaskan acuan materi , yaitu tentang ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).

 

b. Kegiatan Inti

Observasi :

  • Siswa menggamati guru yang memberikan contoh cara interaksi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)
  • Siswa mengikuti interaksi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).
  • Siswa menirukan model interaksi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended). (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
  • Siswa mesrespon tentang informasi yang diberikan oleh guru.
  • Siswa berupaya menemukan informasi terkait contoh yang diberikan guru dan teks yang diberikan guru tentang ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).

 

Questioning:

  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antaraberbagai ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) dalam bahasa Inggris
  • Siswa mempertanyakan perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
  • Guru bertanya tentang pertanyaan yang sudah dipikirkan atau dibuat siswa

 

Eksplorasi :

  • Guru membagikan contoh teks ungkapan selamat bersayap (extended).
  • Siswa berlatih percakapan menggunakan teks ungkapan selamat bersayap (extended) yang dibagikan guru secara berpasangan
  • Siswa berlatih percakapan menggunakan ungkapan selamat bersayap (extended) yang dibagikan guru dalamkelompok
  • Guru memberi contoh cara mengucapkan ungkapan-ungkapan sulit dalam percakapan yang diikuti oleh siswa
  • Siswa berlatih kembali percakapan dalam kelompok

 

Mengasosisi :

  • Guru membagikan teks rumpang tentang teksungkapanucapan selamat bersayap (extended).
  • Secara individu siswa menemukan komponen informasi yang terdapat dalam teks rumpang ungkapanucapan selamat bersayap (extended).
  • Siswa menyampaikan jawaban informasi dari teks tulis ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).
  • Siswa lain menanggapi jawaban
  • Guru menanggapi dan memberikan penjelasan
  • Secara berpasangan, siswa menuliskan ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) yang rumpang.
  • Guru menunjuk beberapa siswa dengan sebuah game untuk menyampaikan jawaban
  • Siswa lain menanggapi jawaban
  • Guru menanggapi dan memberikan penjelasan

 

Mengkomunikasikan :

  • Secara individu siswa menuliskan teks tulis tentang ungkapanucapan selamat bersayap (extended)..
  • Secara berpasangan siswa saling mengoreksi teks tulis yang dibuat
  • Siswa menyampaikan jawaban
  • Siswa lain menanggapi jawaban
  • Guru memberikan tanggapan dan penjelasan
  • Beberapa siswa mengungkapkan teks ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) secara lisan didepan kelas dengan santun dan peduli
  • Siswa lain memberi tanggapan dengan santun dan peduli
  • Guru memberikan tanggapan dan penjelasan
  • Guru memberi contoh ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).dengan pronunciation, intonation, dan stresss dengan benar
  • Siswa berlatih kembali mengungkapkan ungkapan ucapan selamat bersayap (extended) dengan memperhatikan pronunciation, intonation, dan stresss dengan benar

 

c. Kegiatan Penutup

  • Siswa bersama guru menyampaikan manfaat, menyimpulkan hasil pembelajaran tentang ungkapanucapan selamat bersayap (extended).
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

 

 

J. Penilaian

  1. Penilaian proses (sikap)

No

Aspek yang dinilaiTeknik PenilaianWaktu PenilaianInstrumen Penilaian

Ket

1.SemangatPengamatanProses

 

Rubrik dan lembar Pengamatan

2.

Santun
3.

Peduli

4.

 

  1. Penilaian Hasil

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik PenilaianBentuk PenilaianInstrumen
Menuliskan komponen informasi dalam teks ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).Tes tertulisUraianSoal uraian   (tertulis )

 

menirukan model interaksi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).Tes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
Merespon tentang ekspresi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).Tes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
Menyusun teks lisan dan tulis untuk interaksi ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).Tes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)
Menuliskan teks ungkapan ungkapan ucapan selamat bersayap (extended).Tes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)

 

Mengungkapakan teks ungkapan ucapan selamat bersayap (extended)..Tes tertulisUraianSoal uraian (tertulis)

Soal /instrumen , penskoran , dan kunci jawaban

1.lembar pengamatan sikap

            LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran : ……………………………………………………………………………………..

Kelas/Semester : ……………………………………………………………………………………..

Tahun Ajaran  : ……………………………………………………………………………………….

Waktu Pengamatan : …………………………………………………………………………………

 

Berilah nilai 4,3,2,1 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

Table

Keterangan :

4 = amat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang


Skor perolehan

Nilai     =       Jumlah      X    100/ Skor Maksimal

 

Kriteria Nilai

A  =                80 – 100           :      Baik Sekali

B  =                70 – 79              :      Baik

C  =                60 – 69               :      Cukup

D  =                ‹ 60                     :      Kurang

 

2.Soal Penilaian Hasil:

Congratulations                      welcome

so pale                                        Good luck

thanks a lot                                It’s good

Sorry                                            Popular business

I’m glad you think                    Wonderful  

Complete the blank in the following dialogues using the words in the

box.

Fuad      :    hi Abdel, you look so fresh today! Where will you go?

Abdel    :    hallo, I’m going to take the driving test.

Fuad      :    that’s greatabdel, (1)…..!

Abdel    :    thank you.

Tuti        :    how is your business, ria?

Ria         :    (2)………… I’ve sold 100 items these two days

Tuti        :    congratulation! That’s a (3)…………right now.

Ria         :    (4)…………………

Tuti        :    don’t mention it.

Rudi      :    You look gorgeous in this wedding dress! (5)………..

Ian         :    Thank you very much, (6)………………….so.

Ali         :    Ihsan, (7)………………. for winning the 1st prize of the writing competition last week.

Ihsan     :    How nice of you to say that.

Dian      :    You look (8)…………….. today. Are you ok?

Ana       :    No, I get headache.

Dian      :    I’m (9)…………….. to hear that. Have you drink an aspirin?

Ana       :    Yes, I have. Thanks..

Dian      :    (10)………………………

 


 

Congratulations                                Thank you

Wonderful job                                     Good luck

New hair style                                        Great

CONVERSATION 1

Rudi    :    Hi, ben. How are you?

Ben     :    Hi, you look (1)…………. in that black jacket.

Rudi    :    Thank you.

Ben     :    I’ve never seen before. Is it new?

Rudi    :    My sister bought it for me when she went to Singapore

Ben     :    Oh, I see

Rudi    : Look, what a nice (2)………. ! Who did your haircut? I like it a   lot.

Ben      :    I think so. My brother did it. I can ask him to do it for you. If you want.

Rudi    :    Yes, please. Look! Andi is coming.

Ben      :    Hi, Andi, I heard you won the speech contest last month. (3)………………….

Rudi    :    fantastic! It’s (4)……………, bro!

Andi    :    (5)…………..friends.


 

3.Penskoran

Rubrik Menulis:

NO     ASPEK                      RENTANG NILAI

  1. Grammar                         1      2    3     4
  2. Punctuation                   1      2     3     4
  3. Capital letter                  1      2     3     4
  4. Content                            1      2     3     4

 

Keterangan : 4 = baik sekali     3 = baik         2 = cukup         1 = kurang

NA = nilai didapat/ nilai maks x 100

     

4. Kunci Jawaban :

     Soal

  1. Good luck
  2. It’s good
  3. Popular business
  4. thanks a lot
  5. Wonderful
  6. I’m glad you think
  7. Congratulations
  8. So pale
  9. Sorry
  10. Welcome

 

Soal 2

  1. Great
  2. new hair style
  3. Congratulations
  4. Wonderful job
  5. Thank you

 

4.Instrumen Penilaian Menulis:

 

NONama siswa                            AspekSkorNA
GrammarPunctuationCapital letterContent
1
2
3
4
5
6

Tempat, tanggal dan tahun

        Mengetahui,

      Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

 Nama Kepala Sekolah                                                                                                                      Nama Guru

 

 

 

Demikialah contoh RPP untuk SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.

RPP Listening tentang Expressing of Apologizing and Politeness

Contoh RPP Listening tentang Asking for Information and Thanking

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Jati Diri

RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu

RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Introduction

Contoh RPP tentang Command and Prohibition SMP Kelas 7

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013