How are you readers?
Kali ini kita akan membahas mengenai contoh RPP. Dan berikut adalah contoh RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk Kelas XI yang membahas mengenai menyatakan pendapat atau dikenal dengan giving opinion. Dan untuk beberapa artikel terkait tentang giving atau asking opinion bisa diakses pada halaman berikut. Silahkan di cek dan semoga bermanfaat!
Penjelasan Serta Contoh Respon dan Dialog Asking For Opinion
Contoh Percakapan Asking and Giving Opinion 2 Orang Beserta Artinya
18 Pengertian dan Contoh Expression Bahasa Inggris
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMA/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI / I
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
- Siswa dapat menentukan fungsi dan tujuan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa menemukan informasi berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Secara berpasangan siswa membuat percakapan ungkapan menyatakan pendapat dan
- Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan mengenai menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dibuat.
- Siswa dapat menggunakan ungkapan pendapat dan pikiran dalam kehidupan sehari-hari.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat :
- Siswa dapat menentukan fungsi dan tujuan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa menemukan informasi berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Secara berpasangan siswa membuat percakapan ungkapan menyatakan pendapat dan
- Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan mengenai menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dibuat.
- Siswa dapat menggunakan ungkapan pendapat dan pikiran dalam kehidupan sehari-hari.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Fakta :
Teks menyatakan pendapat dan pikiran.
Konsep :
Menemukan informasi berdasarkan teks menyatakan pendapat dan pikiran melalui membaca.
Prinsip :
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks menyatakan pendapat dan pikiran. Hal-hal yang diperhatikan dalam percakapan (intonasi, stress, pronunciation) dan dalam penulisan (grammar, Punctuation, Capital letter).
Prosedure :
Langkah – langkah dalam menjawab soal berdasarkan teks menyatakan pendapat dan pikiran.
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific learning
Metode : Diskusi, Tanya – Jawab, Penugasan, Presentasi.
G. MEDIA :
- Teks menyatakan pendapat dan pikiran.
H. SUMBER : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2014. Bahasa Inggris.kelas XI.Jakarta. Kemendikbud RI.
I. KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
Orientasi :
- Guru sebagai model memusatkan perhatian peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan tentang apa itu pendapat dan pikiran.
Apersepsi :
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya guru bertanya tentang apa itu ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
Motivasi :
- Guru menjelaskan manfaat dari mempelajari materi ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
Pemberian Acuan :
- Guru menjelaskan bahwa pokok materi adalah tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
b. Kegiatan Inti
Observasi :
- Siswa mengamati guru yang memberikan contoh tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa berupaya menemukan informasi yang diberikan guru tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
Questioning :
- Guru mengarahkan agar siswa bertanya pada dirinya sendiri dan diharapkan siswa dapat membuat pertanyaan
- Siswa membuat pertanyaan terkait contoh yang diberikan guru tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Guru bertanya tentang pertanyaan yang sudah dibuat siswa.(Guru hanya mengecek apakah siswa dapat membuat pertanyaan dan guru tidak perlu menjawab pertanyaan, karena pertanyaan siswa hanya untuk menumbuhkan rasa ingin tahu tentang materi yang akan dibahas)
Eksplorasi :
- Siswa menyebutkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa berlatih mengucapkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
Mengasosiasi :
- Secara individu siswa menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa menyampaikan jawaban
- Secara berpasangan siswa membuat percakapan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan yang telah dibuat.
Mengkomunikasi :
- Secara berpasangan siswa menggunakan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
- Siswa lain menanggapi
- Guru menanggapi dan memberi penjelasan
- Secara individu siswa membuat ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa dapat menempel hasil karyanya di majalah dinding.
- Siswa dapat menggunakan percakapn mengenai ungkapan menyatakan, pendapat dan pikiran dalam kehidupan sehari – hari.
c. Kegiatan Penutup
- Siswa bersama guru menyampaikan manfaat, tujuan dan makna yang terkandung dalam ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
- Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
J. PENILAIAN
No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian | Instrumen Penilaian | Keterangan |
1. | Semangat | Pengamatan | Proses | Rubrik dan lembar Pengamatan | |
2. | Santun | ||||
3. | Peduli |
- Penilaian proses (sikap)
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :………………………………………………………………………………………………….
Kelas/Semester :………………………………………………………………………………………………….
Tahun Ajaran :………………………………………………………………………………………………….
Waktu Pengamatan :………………………………………………………………………………………………….
No | Nama Siswa | Semangat | Santun | Peduli | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | |||||||||||||
2. | |||||||||||||
3. | |||||||||||||
4. | |||||||||||||
5. |
Berilah nilai 4,3,2,1 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Keterangan :
4 = amat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Nilai = skor yang didapat / skor maksimal X 100
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D = < 60 : Kurang
- Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Instrumen |
Menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran. | Teks tertulis | PG | Soal PG |
Menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran. | Teks tertulis | Uraian | Soal uraian (tertulis) |
Membuat percakapan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran. | Teks tertulis | Uraian | Soal uraian (tertulis) |
Menggunakan ungkapan menyatakan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran. | Teks Lisan | – | – |
Soal / instrumen, kunci jawaban, dan penskoran:
Soal/Instrumen
A. Fill in the blanks using the opinion expressions given in the box below :
- I …………………….. , with you
- It is all right if you don’t agree with me but I have every right to my …………………. ,
- As far as I ……………………. , I will not support bullying in my school
- I am ……………….. , that medical careshould be free foe everyone
- Some people …………………….. , eating fish and yogurt at the same time cause severe skin disease
- I feel quite …………….. , about this issue
[Totally agree, Opinion an Concerned,
Strongly believe, Believe that, Strongly]
B. Read the opinions below. Based on the context of the ststements given below, try to figure out what is being talked about. Match the category in the box with the opinions given in the table below. The first one has been done for you.
Movie Book Hotel
Museum Monorail Restaurant
Now fill the information in the table given below:
Opinion | About |
The graphics were absolutely awesome.
Don’t you agree with me? |
Movie |
Even though the cover didn’t look interesting, the story seems good so far. | |
The space was very cramped and people kept on pushing. I think they should ask people to queue up. | |
I think the food was very tasty. | |
I had a very good meal. I would recommend the place to everyone. | |
The room was not so good. I felt cheated. |
C. Make a convercation with your friends about opinion !
- Kunci Jawaban
A.
- Totally agree
- Opinion an concerned
- Totally agree
- Totally agree
- Believe that
- Totally agree
B.
- Book
- Monorail
- Restauran
- Restaurant
- Museum
C. ………….
- Penskoran
Uraian :
- a) 3 = baik
- b) 2 = cukup
- c) 1 = kurang
- d) 0 = tidak menjawab
Skor didapat/ skor maksimal X 100 = NILAI
Rubrik menulis :
No | Nama Siswa | Aspek | Skor | NA | |||
Grammar | Punctuation | Capital letter | Content | ||||
1. | |||||||
2. | |||||||
3. | |||||||
4. | |||||||
5. |
Rubrik berbicara :
No | Nama Siswa | Aspek | Skor | NA | |||
Fluency | Pronunciation | Intonation | Content | ||||
1. | |||||||
2. | |||||||
3. | |||||||
4. | |||||||
5. |
RENTANG NILAI
(1 2 3 4)
Keterangan : 4 = baik sekali 3 = baik 2 = cukup 3 = kurang
NA = nilai didapat/ dinilai maks x 100
Tempat, tanggal dan tahun
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nama Kepala Sekolah Nama Guru
Demikialah contoh RPP untuk kelas XI SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.
RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Surat Pribadi
RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation
RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Descriptive Text
RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Announcement
RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Ungkapan Selamat Bersayap
RPP Listening tentang Expressing of Apologizing and Politeness
Contoh RPP Listening tentang Asking for Information and Thanking
Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Jati Diri
RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu
RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Introduction