RPP K13 Kelas XI tentang Giving Opinion

Mr Min

How are you readers?

Kali ini kita akan membahas mengenai contoh RPP. Dan berikut adalah contoh RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk Kelas XI yang membahas mengenai menyatakan pendapat atau dikenal dengan giving opinion. Dan untuk beberapa artikel terkait tentang giving atau asking opinion bisa diakses pada halaman berikut. Silahkan di cek dan semoga bermanfaat!

Penjelasan Serta Contoh Respon dan Dialog Asking For Opinion

Contoh Percakapan Asking and Giving Opinion 2 Orang Beserta Artinya

18 Pengertian dan Contoh Expression Bahasa Inggris

 


 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Satuan Pendidikan  : SMA/SMK

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/ Semester        : XI / I

Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya

Alokasi Waktu              : 4 × 45 menit

 

A. KOMPETENSI INTI (KI)

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B. KOMPETENSI DASAR

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar           komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.

 

RPP K13 Kelas XI tentang Giving Opinion

 

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  1. Siswa dapat menentukan fungsi dan tujuan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  2. Siswa menemukan informasi berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  3. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  4. Secara berpasangan siswa membuat percakapan ungkapan menyatakan pendapat dan
  5. Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan mengenai menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dibuat.
  6. Siswa dapat menggunakan ungkapan pendapat dan pikiran dalam kehidupan sehari-hari.

 

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat :

  1. Siswa dapat menentukan fungsi dan tujuan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  2. Siswa menemukan informasi berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  3. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  4. Secara berpasangan siswa membuat percakapan ungkapan menyatakan pendapat dan
  5. Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan mengenai menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dibuat.
  6. Siswa dapat menggunakan ungkapan pendapat dan pikiran dalam kehidupan sehari-hari.

 

E. MATERI PEMBELAJARAN

Fakta :
Teks menyatakan pendapat dan pikiran.

Konsep :
Menemukan informasi berdasarkan teks menyatakan pendapat dan pikiran melalui membaca.

Prinsip :
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks menyatakan pendapat dan pikiran. Hal-hal yang diperhatikan dalam percakapan (intonasi, stress, pronunciation) dan dalam penulisan (grammar, Punctuation, Capital letter).

Prosedure :
Langkah – langkah dalam menjawab soal berdasarkan teks menyatakan pendapat dan pikiran.

 

F. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan     : Scientific learning

Metode            : Diskusi, Tanya – Jawab, Penugasan, Presentasi.

 

G. MEDIA :

  • Teks menyatakan pendapat dan pikiran.

 

H. SUMBER : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2014. Bahasa             Inggris.kelas XI.Jakarta. Kemendikbud RI.

 

I. KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Kegiatan Pendahuluan

Orientasi                     :

  • Guru sebagai model memusatkan perhatian peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan tentang apa itu pendapat dan pikiran.

Apersepsi                   :

  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya guru bertanya tentang apa itu ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.

Motivasi                      :

  • Guru menjelaskan manfaat dari mempelajari materi ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.

Pemberian Acuan     :

  •  Guru menjelaskan bahwa pokok materi adalah tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.

 

b. Kegiatan Inti

Observasi                   :

  • Siswa mengamati guru yang memberikan contoh tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  • Siswa berupaya menemukan informasi yang diberikan guru tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.

Questioning                :

  • Guru mengarahkan agar siswa bertanya pada dirinya sendiri dan diharapkan siswa dapat membuat pertanyaan
  • Siswa membuat pertanyaan terkait contoh yang diberikan guru tentang ungkapan menyatakan   pendapat dan pikiran.
  • Guru bertanya tentang pertanyaan yang sudah dibuat siswa.(Guru hanya mengecek apakah siswa dapat membuat pertanyaan dan guru tidak perlu menjawab pertanyaan, karena pertanyaan siswa hanya untuk menumbuhkan rasa ingin tahu tentang materi yang akan dibahas) 

 Eksplorasi                  :

  • Siswa menyebutkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  •  Siswa berlatih mengucapkan ungkapan menyatakan   pendapat dan pikiran.

 

Mengasosiasi              :

  • Secara individu siswa menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  • Siswa menyampaikan jawaban
  • Secara berpasangan siswa membuat percakapan berdasarkan ungkapan menyatakan   pendapat dan pikiran.
  • Secara berpasangan siswa mempresentasikan hasil teks percakapan yang telah dibuat.

 

Mengkomunikasi       :

  • Secara berpasangan siswa menggunakan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
  • Siswa lain menanggapi
  • Guru menanggapi dan memberi penjelasan
  • Secara individu siswa membuat ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  • Siswa dapat menempel hasil karyanya di majalah dinding.
  • Siswa dapat menggunakan percakapn mengenai ungkapan menyatakan, pendapat dan pikiran dalam kehidupan sehari – hari.

 

c. Kegiatan Penutup

  • Siswa bersama guru menyampaikan manfaat, tujuan dan makna yang terkandung dalam ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

 

J. PENILAIAN

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian Instrumen Penilaian Keterangan
1. Semangat Pengamatan Proses Rubrik dan lembar Pengamatan
2. Santun
3. Peduli
  1. Penilaian proses (sikap)

 

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

 

Mata Pelajaran   :………………………………………………………………………………………………….

Kelas/Semester  :………………………………………………………………………………………………….

Tahun Ajaran      :………………………………………………………………………………………………….

Waktu Pengamatan :………………………………………………………………………………………………….

 

No Nama Siswa Semangat Santun Peduli
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1.
2.
3.
4.
5.

Berilah nilai 4,3,2,1 pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

 

Keterangan :

4   = amat baik

3   = baik

2   = cukup

1   = kurang

 

Nilai         = skor yang didapat / skor maksimal X 100

 

Kriteria Nilai

A =      80 – 100 : Baik Sekali

B =      70 – 79     : Baik

C =      60 – 69       : Cukup

D =      < 60             : Kurang

 

  1. Penilaian Hasil

 

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
Menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran. Teks tertulis PG Soal PG
Menjawab pertanyaan berdasarkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran. Teks tertulis Uraian Soal uraian (tertulis)
    Membuat percakapan ungkapan                      menyatakan pendapat dan pikiran. Teks tertulis Uraian Soal uraian (tertulis)
Menggunakan ungkapan   menyatakan ungkapan                      menyatakan pendapat dan pikiran. Teks Lisan

 

 Soal / instrumen, kunci jawaban, dan penskoran:

 

Soal/Instrumen

 

A. Fill in the blanks using the opinion expressions given in the box below :

  1. I …………………….. , with you
  2. It is all right if you don’t agree with me but I have every right to my …………………. ,
  3. As far as I ……………………. , I will not support bullying in my school
  4. I am ……………….. , that medical careshould be free foe everyone
  5. Some people …………………….. , eating fish and yogurt at the same time cause severe skin disease
  6. I feel quite …………….. , about this issue

 

[Totally agree, Opinion an Concerned,
Strongly believe, Believe that, Strongly]

 

B. Read the opinions below. Based on the context of the ststements given below, try to figure out what is being talked about. Match the category in the box with the opinions given in the table below. The first one has been done for you.

 

Movie                    Book                          Hotel
Museum             Monorail               Restaurant

 

Now fill the information in the table given below:

Opinion About
The graphics were absolutely awesome.

Don’t you agree with me?

Movie
Even though the cover didn’t look interesting, the story seems good so far.
The space was very cramped and people kept on pushing. I think they should ask people to queue up.
I think the food was very tasty.  
I had a very good meal. I would recommend the place to everyone.  
The room was not so good. I felt cheated.  

C. Make a convercation with your friends about opinion !

  • Kunci Jawaban

A.

  1. Totally agree
  2. Opinion an concerned
  3. Totally agree
  4. Totally agree
  5. Believe that
  6. Totally agree

B.

  1. Book
  2. Monorail
  3. Restauran
  4. Restaurant
  5. Museum

C. ………….

 

  • Penskoran

Uraian :

  1. a) 3 = baik
  2. b) 2 = cukup
  3. c) 1 = kurang
  4. d) 0 = tidak menjawab

Skor didapat/ skor maksimal X 100  = NILAI

 

Rubrik menulis :

No Nama Siswa Aspek Skor NA
Grammar Punctuation Capital letter Content
1.              
2.              
3.              
4.              
5.              

 

Rubrik berbicara :

No Nama Siswa Aspek Skor NA
Fluency Pronunciation Intonation Content
1.              
2.              
3.              
4.              
5.              

 

RENTANG NILAI

(1         2          3          4)

Keterangan : 4 = baik sekali    3 = baik           2 = cukup        3 = kurang

NA = nilai didapat/ dinilai maks x 100

 

Tempat, tanggal dan tahun

        Mengetahui,

      Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

 Nama Kepala Sekolah                                                                                                                      Nama Guru

 


Demikialah contoh RPP untuk kelas XI SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.

RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Surat Pribadi

RPP Kurikulum 2013 Kelas XI tentang Invitation

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Descriptive Text

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Announcement

RPP Bahasa Inggris K13 Kelas X SMA tentang Ungkapan Selamat Bersayap

RPP Listening tentang Expressing of Apologizing and Politeness

Contoh RPP Listening tentang Asking for Information and Thanking

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Jati Diri

RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Hari, Tanggal, Tahun, Waktu

RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 tentang Introduction

Contoh RPP tentang Command and Prohibition SMP Kelas 7

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

Bagikan: