Contoh RPP Bahasa Inggris K13 kelas 7 SMP atau MTs

Contoh RPP Bahasa Inggris K13 kelas 7 SMP atau MTs

Posted on

Ingin suasana kelas menjadi menyenangkan saat mengajar? Anda bisa menyelipkan lagu, game, atau story didalam proses pembelajaran. Berikut adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang sering dikenal dengan RPP untuk tingkat SMP atau MTs kelas VII dengan menggunakan kurikulum 2013 yang akan membahas mengenai menyanyikan lagu sederhana. Sebagai referensi lagu yang bisa digunakan bisa dilihat pada link berikut Kumpulan Lagu Bahasa Inggris untuk Memudahkan Belajar Bahasa Inggris.

RPP Bahasa Inggris kelas VII tentang menyanyikan lagu sederhana

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan      : SMP / MTs

Kelas/Semester            : VII/1

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Materi Pokok              : Menyanyikan Lagu Sederhana

Alokasi Waktu            : 40 x 2 JP

 

A. KOMPETENSI INTI (KI)

KI-1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI-2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI-3 Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

  • KOMPETENSI DASAR
  1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
  2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
  3. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
  4. Menangkap makna lagu

 

  • INDIKATOR
  1. Menunjukan sikap sungguh- sungguh dalam belajar.
  2. Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, pedulih, kerjasama dalam menangkap makna lagu sederhana.
  3. Menggunakan tekanan kata dan intonasi kalimat dan nada yang tepat dalam menyanyikan lagu sederhana.
  4. Memahami fungsi sosial yang ada didalam lagu sederhana.
  5. Menangkap makna yang ada didalam lagu sederhana.
  6. Membuat poem yang liriknya terdapat pada lagu sederhana yang sedang di pelajari.

 

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Melalui contoh, peserta didik dapat menuliskan teks lagu ke dalam bahasa inggris
  2. Melalui contoh, peserta didik dapat menyanyikan lagu sederhana ke dalam praktik bahasa inggris.

Contoh RPP Bahasa Inggris K13 kelas 7 SMP atau MTs

D. MATERI PEMBELAJARAN

Teks tulis dan lisan lagu sederhana serta maknanya.

Fungsi sosial

Menghibur, mengungkapkan perasaan, menghayati pesan moral

Unsur kebahasaan

  • Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
  • Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
  • Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Topik

Hal-hal yang memberikan keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

 

E. METODE PEMBELAJARAN:

Scientific learning dengan pendekatan Discovery learning.

 

F. Media :

  1. Alat/ bahan : Papan tulis kamus, laptop, speaker.
  2. Sumber belajar : Buku wajib siswa SMP kelas VII’,LKS Simpati, dan sumber lain yang relevan

 

G. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN.

LANGKAH PEMBELAJARAN UMUM

Mengamati

  • Siswa mendengarkan berbagai lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
  • Siswa menirukan pengucapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar

 

Mempertanyakan

  • Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan pada lagu yang didengar atau dibaca.
  • Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dalam lirik.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Siswa membacakan lirik lagu yang disalin kepada teman sebangku
  • Siswa menyanyikan lagu yang disalin dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
  • Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang dibaca

 

Mengasosiasi

  • Secara berkelompok siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
  • Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin

 

Mengomunikasikan

  • Siswa melaporkan kumpulan lagu yang sudah dianalisis pesan di dalam lagu-lagu tersebut
  • Antar siswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.

 

 

LANGKAH PEMBELAJARAN KHUSUS

Peserta didikGuru
Kegiatan Mengamati
·      Peserta didik mendengarkan lagu yang di berikan oleh guru dan menyanyikan.

·      Peserta didik bersama- sama menyanyikan lagu yang diberikan oleh guru.

·      Guru mencontohkan cara membaca dan menyanyikaan lagu.

·      Guru memperhatikan murid yang sedang menyanyikan lagu.

Kegiatan Bertanya
·      Peserta didik terpancing untuk bertanya kepada guru tentang lagu yang mereka dengar.

·      Peserta didik terpancing untuk bertanya bagaimana menemukan informasi rinci dalam teks lagu tersebut.

·      Guru menanyakan pemahaman peserta didik tentang lagu yang telah dinyanyikan

·      Guru menjelaskan apa yang ditanyakan oleh peserta didik.

Kegiatan Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik bersama dengan teman sebangku mencari arti dari lirik lagu tersebut.

 

·      Peserta didik menyanyikan lagu yang telah diberikan oleh guru.

·      Peserta didik menuliskan pesan dari lirik lagu tersebut.

·      Guru mendampingi kegiatan yang sedang dilakukan siswa, dan sebagai fasilitator untuk mendampingi siswa dalam mencari arti dari lirik lagu tersebut.

·      Guru memberikan contoh bagaimana menyanyikan lagu sederhana.

·      Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan.

Kegiatan Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan membandingkan dengan kelompok lain tentang makna lagu yang di berikan oleh guru.

·      Peserta didik mencari sumber lagu lain yang bertema tentang perdamaian.

·      Guru memberikan pengarahan dan penguatan tentang makna dari lirik lagu yang sedang mereka diskusikan.

·      Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan.

Kegiatan Mengkomunikasi
·      Peserta didik memperlihatkan hasil lagu yang telah di analisis kepada guru dn teman sebangkunya.

·      Peserta didik memperhatikan hasil analisis yang dituliskan oleh temanya.

·      Peserta didik memberikan masukan mengenai hasil analisis yang dilakukan oleh temanya.

·      Guru mengoreksi hasil tulisan siswa.

 

 

·      Guru mengoreksi hasil jawaban siswa.

 

·      Guru memberikan masukan atas analisis yang sedang silakukan oleh peserta didik.

 

 

 

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

  • Tingkat ketercapaian fungsi sosial lagu
  • Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi

Cara Penilaian:

KINERJA (praktik)

Pertunjukan menyanyikan lagu dengan ucapan yang tepat.

Observasi:

Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian

  • Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menampilkan lagu dan memahami makna lagu tersebut dalam berbagai kesempatan.
  • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
  • Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi.

 

 

INSTRUMENT PENILAIAN

  1. Lembar pengamatan sikap

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP PERCAYA DIRI

Kelas                                 : ……………

Tanggal Pengamatan  : ……………

Materi Pokok                 : ……………

 

 

NoNama SiswaAspek PengamatanJumlahKet
12345
1

Keterangan Aspek Pengamatan :

  1. Berani presentasi didepan kelas
  2. Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
  3. Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
  4. Mampu membuat keputusan dengan cepat
  5. Tidak mudah putus asa / pantang menyerah

Keterangan :

4 = amat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

 

                        ∑ Skor perolehan

Nilai     = ————————— X 100

                     Skor Maksimal

 

Kriteria Nilai

A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali

B  =                70 – 79               :                             Baik

C  =                60 – 69               :                             Cukup

D  =                ‹ 60                     :                             Kurang

 

 

Pedoman Observasi Sikap Jujur

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang- kadang tidak melakukan.
2 = kadang – kadang, apabila kadang- kadang melakukan dan kadang- kadang tidak melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

 

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP KEJUJURAN

Kelas                                 : ……………

Tanggal Pengamatan  : ……………

Materi Pokok                 : ……………

NoNama SiswaAspek PengamatanJumlahKet
12345
1
2
3
4

Keterangan Aspek Pengamatan :

  1. Tidak mencontek dalam mengerjakan ujian / ulangan/ tugas
  2. Tidak melakukan plagiat (mengambil, menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
  3. Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
  4. Melaporkan data atau informasi apa adanya
  5. Mengikuti kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

  1. Pengetahuan
  • Menirukan model tentang bagaimana pengucapan dalam sebuah lagu.
    Intruksinya:
    Please read a part a song below carefully…
    Let’s listen sing a song together, use the following lyric to help you sing a song.
  • Menjawab pertanyaan tentang makna lirik lagu yang dinyanyikan.
    Intruksinya:
    – Work individually to find two words that rhyme with each of the following words. Observe the examples. Write down your words in the table
    -Read the lyric carefully. Find the meaning of each of these words or phrases. Then discuss it with your friend.
    -Read the lyric again carefully. With a friend, answer the following questions.
    – Read the lyric carefully. Find the meaning of each of these words or phrases. Then discuss it with your friend.

 

NONAMASOALNILAIDESCRIPSI
12345678910
1
2

Soal Benar : 1

Soal Salah : 0

Rubric penilaian

Jumlah soal benar X 10: 100

  1. Ketrampilan menulis
  • Menuliskan nama favorite singer yang ada didalam table.
    Intruksinya:
    Think about your favorite singer. Write down in the table why he or she becomes your most favorite singer. What are the good things about him or her that you want to follow?.
  • Membuat syair berdasarkan lagu yang telah dibahas.
    Intruksinya:
    Please read the lyric of the song again. Do you think the words are beautiful? Notice that a song might look like a poem. Write down poems using the following topics.

 

Contoh Rubrik penilaian menulis

Dengan jumlah soal 10 nomor, tiap jawaban benar di beri score 10

NONAMA SISWA                             SCOREJumlahKET
Grammar/40Vocab /20Coherency/20Spelling   /20
1

 

 

Tempat, tanggal dan tahun

        Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran

 

Nama Kepala Sekolah                                                                                                                      Nama Guru

 

 

Demikialah contoh RPP untuk kelas VII SMA. Untuk contoh RPP lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini.