Contoh Dialog Dan Cara Menyampaikan Keluhan atau Complain Dalam Bahasa Inggris

Mr Min

apa kabar kawanku semua dimanapun kalian berada? senang rasanya bisa menyapa kalian melalui media pembelajaran bahasa inggris yang secara rutin kita dilakukan di setiap harinya.

Pernahkah kalian membeli beberapa barang yang diantaranya terdapat kecacatan atau kerusakan? Dalam hal dan situasi tersebut secara tidak langsung sangat merugikan kita sebagai konsumennya. Karena kita pasti rugi dalam segi kwalitas, waktu dan lain sebaginya. Apa yang biasanya dan bisa kalian lakukan apabila barang yang kalian beli, setelah diperikasa terdapat kerusakan? Kita sebagai pembeli hendaknya memeriksa apa yang akan kita beli, dan apabila hal tersebut merupakan kesalahan dari produsen kita bisa mengajukan sebuah complain (pengajuan) akan sebuah ketidak nyamanan kita dengan pelayanan mereka. Hal yang ditempuh oleh si konsumen tidaklah salah karena sewajarnya seorang konsumen mendapatkan yang sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkannya. Namun tidak semua benda atau jasa selalu disertakan layanan complain, biasanya sudah tertera dikemasan atau perjanjian bahwa si konsumen harus benar-benar memeriksa sebelum membelinya.

complaint

A complain merupakan sebuah keluhkan yang dialami oleh si konsumen yang setelah menerima barang yang dibeli atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan apa yang sudah menjadi kualitasnya. Berikut ini adalah beberapa ungkapan yang digunakan untuk menyatakan complain atau keluhan didalam bahasa inggris, berikut ini:

  1. I want to complain about …
  2. I have a complaint to make.
  3. (I am afraid),,, it is not just good enough
  4. something must be done about ..
  5. I hate to tell you, but …
  6. I want to make a complaint about …
  7. Sorry to bother you, but I think there is something wrong with …
  8. I don’t want to tell this, but …
  9. Excuse me, but there is a problem with …
  10. I think there is something wrong with …
  11. I am sorry but this is not like what I expected
  12. I am sorry to tell you this, but …

Dibawah ini merupakan contoh dialog yang menyangkut ungkapan keluhan (expression of complaint)

In the break time, Fairuz and Nadina are going to the library. They want to look for the English note book. The librarian is Mrs. Marisa.

The librarian       : Excuse me, what can I do for you?
Fairuz                    :We want to look for en english note book,.
Nadina                  :Where can we get it?
The librarian       : Take and choose it in the second bookshelf
Fairuz                    :Thank you

After getting and choosing what they want, they look for the seat for sitting
Nadina                  : Mrs. Marisa, excuse me. There is not seat for us. all the tables are occupied by another students.
The librarian       : I am sorry. Let me check it first.

The librarian takes two seat for them
The librarian       : Hai, come here please. take a seat
Fairuz                    : Thank you
Nadina                  : But Mrs. Marissa I want to complain about the room. it is too dirty
The librarian       : Ok thank you for your complaint. I am going to clean it after break time

[su_spoiler title=”Terjemahannya:” open=”yes” style=”simple” icon=”folder-1″ anchor=”present tense”]

di waktu istirahat. Fairuz dan Nadina akan ke perpustakaan. Mereka akan mencari buku cetak bahasa inggris. Penjaga perpustakaan adalah ibu Marissa.

Penjaga perpustakaan   : Permisi, apa yang bisa aku bantu?
Fairuz                                :Kami ingin mencai buku cetak bahasa inggris.
Nadina                              :Dimana kami bisa mendapatkannya?
Penjaga perpustakaan   : Ambilahlah dan pilihlah di rakbuku yang kedua
Fairuz                                :Terima kasih

Setelah mendapatkanya dan memilih apa yang mereka inginkan, mereka mencari tempat duduk untuk duduk

Nadina                         : Ibu Marisa, permisi. Tidak ada kursi untuk kami. Semua meja telah di tempati oleh murid-murid yang lain.
Penjaga perpustakaan   : I am sorry. Let me check it first.

Penjaga perpustakaan mengambil 2 (Dua) tempat duduk untuk mereka

Penjaga perpustakaan       : Hai, datanglah dan duduklah
Fairuz                                    : terima kasih
Nadina                                  : Tapi ibu Marissa , aku ingin mengeluh dengan ruangannya. ruangannya terlalau kotor
Penjaga perpustakaan       : Ok terima kasih untuk keluhanmu. aku akan membersihakannya setelah jam istirahat

[/su_spoiler]

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Contoh Dialog Dan Cara Menyampaikan Keluhan atau Complain Dalam Bahasa Inggris semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya:…” open=”yes” style=”simple” icon=”folder-1″ anchor=”present tense”]

[/su_spoiler]

Bagikan: