News Item Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Language Feature Dan Contoh Lengkap

Mr Min

kemarin kita sudah membahas banyak jenis teks yang dipelajari dalam bahasa inggris, dimana terdapat 12 (dua belas) macam yang wajib kita ketahui. Untuk kesempatan hari yang cerah ini, kita akan membahas jenis teks yang sebenarnya mirip dengan cara kita melaporka sebuah berita yang biasanya dilakukan oleh seorang reporter. Jenis teks apakah itu…? untuk lebih jelasnya akan di uraikan penjelasan dibawah ini.

news-item-pengertian

News Item

News item text atau yang dikenal sebagai teks bermuatan berita, merupakan salah satu jenis teks yang dibuat atau bertujuan agar pembaca atau pendengar mengetahui kandungan isi wacana atau yang beisi tentang sebuah berita mengenai sebuah isu yang bermuatan berita dimana khalayak ramai diharapakan mengetahui karena itu layak untuk disimak. Adanya unsure berita sehingga jenis teks ini bersumber pada yang bisa dipertanggung jawabkan, terkadang diterakan nama si pelapor atau sipenulis pada media yang digunakan.

Dalam jenis teks news item ada beberapa hal yang perlu kalian pahami agar sebuah teks news item mudah dipahami, antara lain:

Generic Structure

Generic Structure atau yang dikenal sebagai sebuah ururtan struktur atau susunan yang berhubungan bagian-bagain wacana diaman setiap bagian dipisahkan dengan cirri-ciri paragrapnya berbeda. Gereric Structure dari news item   text antara lain:

  • newsworthy event
    newsworthy event merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah pokok dari masalah atau topic yang hendak diangkat dalam sebuah informasi yang berguna untuk khalayak ramai
  •  background event
    background event merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   sebuah latar belakang atau pemica sebuah peristiwa terjadi , elaborasi kejadian, terdapat keterangan orang-orang yang terlibat didalam sebuah peristiwa, tempat terjadinya perkara dan komponen-komponen yang lainnya yang mendunkung terjadinya peristiwa itu
    contohnya : terhimpit ekonomi, tidak mematuhi peraturan pajak dan lain-lain

 

  •  source
    source merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan   beisikan sebuah komentar-komentar, saran-saran yang bersumber dari seorang saksi mata, ahli dibidang tertentu, sehingga mempunyai kekuatan kebenaran.contohnya laporan dari saksi mata, polisi, ahli forensic, dan lain-lain

 

  • crisis
    Crisis merupakan salah satu generic structure yang brisi atai brguna untuk menunjukan sebuah awal mula sebuah masalah. dalam jenis teks ini, kita diberi tahu apakah terdapat ending dari berita yang sedang diangkat.
    contohnya : efek dari PHK, kenaikan BBM dan lain-lain

Language Feature

Language Feature atau yang dikenal sebagai sebuah struktur atau susunan yang berhubungan dengan grammar atau sebuah tata bahasa. Dalam penyusunan news item text ada beberapa unsure kebahasaan yang harus kita pahami sehingga mempermudah kita membuat dan juga mempermudah para pendengar atau pembaca memahami informasi yang kita ingin sampaikan, antara lain:

  • terdapat headline yang biasanya terdapat dalam sebuah surat kabar, bulletin, majalah dan lain-lian, dimana headline ini hanya berisi meneganai sebuah informasi bersifat singkat namun sudah dijadikan sebagai rangkuman.
    contohnya:
    the flood” destroyed many house (banjir merusak banyak rumah),
    the dangerous of mosquito (bahanya nyamuk) 
  • menggunakan action verb atau salah satu jenis kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa tokok melakaukan sebuah kegiatan
    contohnya : killed, walk, sleep
  • menggunakan saying verb atau yang biasanya digunakan dalam kalimat langsung (direct speech) dan kalimat tidak langsung (indirect speech)
    contohny: said, told, remark

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang News Item Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Language Feature Dan Contoh Lengkap  semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya:

Bagikan: