Pola Kalimat Elliptical of predicate or prediction

Mr Min

Hello all my friends?? how are you? senang bersua dengan kalian

Namun sebelumnya ingin mengingatkan kalian sedikit mengenai elliptical sentences.

Elliptical sentences juga sangat berkaitan dengan kalimat atau sentences , dimana Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis merupakan suatu gabungan antara dua kalimat atau liebih yang dengan tujuan penggabungan tersebut membentuk suatu kesatuan yang terdiri dari subjek (pelaku), predikat (kata kerja atau to be) yang mempunyai kesamaan. Tujuan dari Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis yaitu untuk menghindari pengulangan atau ketimpangan antara subjek, predikat atau tobe yang sama. Dengan adanya Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis kita dipermudah karena bentuk kalimatnya lebih pendek, lebih mudah dimengerti dan yang jelas lebih sederhana.

Elliptical of predicate

Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis sering kita temukan dalam sebuah kalimat yang terdapat pada sebuah percakapan (conversation) baik berupa tulisan atau lisan.

Elliptical sentences atau yang sering dikenal sebagai kalimat ellipsis mempunyai tujuan untuk menyampaiakan atau menyatakan suatu kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat sehingga terlihat lebih sederhana, singkat dan mudah dimengerti tanpa harus merubah arti atau mempunyai arti yang lain. Penggabungan tersebut apabila ada jenis kata kerja (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective) ataupun kata keterangan tambahan (adverb) yang sama. Apabila tidak ada kesamaan maka kalimat tersebut tidak bisa digabungkan atau menjadi kalimat ellipsis (elliptical sentence).

Untuk ketentuan yang akan kita soroti untuk hari adalah Elliptical of predicate or prediction.

Dalam pola kalimat ini, kita diberi suatu kecakapan untuk menyatakan suatu kalimat yang mengharuskan kita menghilangkan ramalan, predikat (biasanya bisa berupa kata kerja/verb dan to be), auxiliary (kata kerja bantu) atau modal,,Penghilangan tersebut karena adanya kesamaan antara keduanya.

Perhatikan contoh kalimatnya dibawah ini:

  • I work in a university and my older brother works on a lay firm
    (Aku bekeja di Universitas and kakak lai-lakiku bekerja di firma hokum)
    menjadi
    I work in a university and my older brother on a lay firm
    (Aku bekeja di Universitas and bekerja di firma hokum)
    penjelasannya:
    kalimat diatas mempunyai kesamaan “predikat” berupa nama kata kerja “work /bekerja” jadi untuk kalimat kedua tidak perlu ditulis kembal.
  • Nadia comes to Marcelino’s birthday tonight and Englina Nadia comes to Marcelino’s birthday tonight
    (Nadia datang ke pesta ulang tahun Marcelino nanti malam dan Nadia datang ke pesta ulang tahun Marcelino nanti malam)
    menjadi
    Nadia comes to Marcelino’s birthday tonight and Englina
    (Nadia datang ke pesta ulang tahun Marcelino nanti malam dan Nadia)
    penjelasanya
    kalimat diatas mempunyai kesamaan “predikat” berupa nama kata kerja “come to Marceliono’s birthday party/datang ke pesta ulang tahunnya Marcelino” jadi untuk kalimat kedua tidak perlu ditulis kembal.
  • Nindiar tried to make brownies cake and Nindiar tried to make sponge cake
    (Nindiar mencoba membuat kue brownies and Nindiar menciba untuk membuat kue bolu)
    menjadi
    Nindiar tried to make brownies cake and sponge cake
    (Nindiar mencoba membuat kue brownies and kue bolu)
    penjelasanya
    kalimat diatas mempunyai kesamaan “predikat” berupa nama kata kerja “tried to make/mencoba membuat” jadi untuk kalimat kedua tidak perlu ditulis kembali.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pola Kalimat Elliptical of predicate or predictionsemoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengerjakan tugas. sampai jumpa di artikel kami selanjut nya.


Baca artikel selanjutnya:

Bagikan: