14 Fungsi Gerund Beserta Contoh Kalimat

Mr Min

Kita semua tentunya sudah pernah mengenal atau mendengar mengenai Gerund dalam pelajaran bahasa inggris. Tema atau judul Gerund biasanya diajarkan pada level Sekolah Menengah Atas, Tapi bagi adek-adek yang masih duduk di bangku SMP atau SD boleh ko mempelajarinya. Mengenai kegunaannya Gerund, kita akan membahasnya, tetap standby bersama kami disini yaaaa…

function gerund

The Function of Gerund

  1. Sebagai Subjek (pelaku) dalam suatu kalimat. Perhatikan contoh kalimatnya:
  • Cooking new recipe is my challenge
    (Memasak resep yang baru adalah tantanganku)
  • Crossing the crowded road is my frighten
    (Menyebarangi jalan yang ramai adalah ketakutanku)
  1. Sebagai Subjective Complement (pelengkap subjek). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • My father’s hobby is feeding the pet every morning
    (Hobi ayakku adalah member makan hewan peliharaan dipagi hari)
  • Your chef delight is riding
    (Kesenanganku utamaku adalah berkuda)
  1. Objective Complement (Pelengkap objek). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • He enjoys hunting
    (Dia(laki-laki) suka berburu)
  • She likes shopping
    (Dia(perempuan) suka berbelanja)
  1. Digunakan untuk kalimat majemuk (compound nouns) atau modifier (kata yang menentukan sifat) yang diletakkan didepan kata benda (noun) untuk memberikan kata sifat (adjective) yang mengandung arti alat (tool). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • Shopping bag
    (tas untuk berbelanja)
  • reading book
    (buku bacaan)
  1. Digunakan untuk kalimat majemuk (compound nouns) atau modifier (kata yang menentukan sifat) yang diletakkan didepan kata benda (noun) untuk memberikan kata sifat (adjective) yang mengandung arti tempat (place). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • swimming pool
    (tempat untuk berenang)
  • living room
    (tempat untuk tamu)
  1. Digunakan sebgai head (kata atau kalimat yang berkedudukan sebagai yang dijelaskan). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • problem solving
    (pemecahan masalah)
  • negative thinking
    (berfikir negative)
  1. Digunakan dibelakang kata no (tidak/jangan/bukan) yeng membentuk kalimat pendek yang ,menyatakan larangan (prohibiotion) atau peringatan (warning), yang ditandai dengan tanda seru. Perhatikan contoh kalimatnya:
  • No parking!
    (jangan parker)
  • No speaking!
    (Jangan berbicara!)
  1. Digunakan dalam ungkapan-ungkapan (phrase). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • Seeing is believing
    (melihat berarti percaya)
  • breaking is buying
    (memecahkan berarti membeli)
  1. Digunakan dibelakang Possessive Noun. Perhatikan contoh kalimatnya:
  • His speaking is too long
    (ucapannnya terlalu panjang)
  • Her coming makes me happy
    (kedatanganmu membuatku bahagia)
  1. Digunakan dibelakang Possessive Adjectiv.Perhatikan contoh kalimatnya:
  • Dwi’s cooking is delicious
    (Masakannya Dwi enak)
  • Fairuz’s bike is new
    (Sepedanya Fairuz itu baru)
  1. Setelah preposition (kata depan). Perhatikan contoh kalimatnya:
  • He thinks of studying in Bandung
    (Dia (laki-laki) berfikir belajar ke Bandung)
  • Denny gave up smoking before breakfast
    (Deny berhenti merokok sebelum sarapan)
  1. Digunakan setelah kata kerja certain (certain word).Perhatikan contoh kalimatnya:
  • They enjoy playing game
    (Mereka menikmati bermain game)
  • I love dancing
    (saya suka menari)
  1. Digunakan sebagai adverb (keterangan /tambahan) dalam suatu kalimat. Perhatikan contoh kalimatnya:
  • His hobby, driving, makes him spirit
    (Hobynya mengendarai mobil, membuatnya bersemangat)
  • The difficult work, saving hard wood, makes him exhausted
    (Pekerjaan yang sulit, menggergaji kayu yang keras, membuatnya kelelahan).
  1. Digunakan setelah kelompok kata (phrase) tertentu.Perhatikan contoh kalimatnya:
  • I can not help liking the girl
    (Aku tidak bisa menahan untuk menyukai gadis)
  • There is no harm in trying
    (Tidak ada ruginya bila mencoba)

 

Bagikan: