Permainan Bahasa Inggris untuk Materi Command atau Memerintah

Mr Min

Good day, readers!

Hari ini kita akan membahasa mengenai salah satu jenis permainan yang dapat digunakan saat mengejarkan materi Command and Prohibition pada siswa kelas 7. Permainan ini disebut, “SIMON SAY”. Jika ingin membaca materi mengenai command and prohibition, silahkan buka atau klik di sini ->[Command and Prohibition.]

 

Apa yang bisa didapat dari game ‘SIMON SAY’?

Dalam permainan ini, siswa di tes dalam skill atau keterampilan listening (mendengar). Siswa akan dituntut untuk mendengarkan dengan baik-baik apa yang didengar oleh mereka. Selain untuk mengetes kemampuan listening siswa, siswa juga akan mendapatkan kosa kata baru yang mungkin disediakan. Dengan adanya pengulangan dan dilakukan dengan suasana game yang menyenangkan, siswa tentunya akan lebih mudah mengingatnya dan mengerti.

 

Permainan Bahasa Inggris untuk Materi Command atau Memerintah

 

Bagaimana cara bermain SIMON SAY?

Well, cara bermain SIMON SAY dikelas dapat dilakukan dengan beberapa cara sesuai keinginan guru. Bisa jadi, sekali bermain, siswa satu kelas diikut sertakan atau pun perkelompok.

 

  1. Pertama-tama, guru mengenalkan cara bermain SIMON SAY kepada siswa. Yakni, siswa diminta mengikuti apa yang didengar oleh mereka jika terdapat kata SIMON SAY yang kemudian diikuti oleh kalimat perintahnya. Lalu guru member contoh, memilih dua siswa, kemudian guru mengatakan “SIMON SAY, open your book!” lalu, menyuruh siswa membuka buku mereka. Kemudian guru mengetakan, “Close your book!”. Dan apabila ada ssiswa yang menutup bukunya, guru menjelaskan bahwa, mereka seharusnya tidak menutup buku mereka karena tidak ada kata SIMON SAY dalam kalimat perintah tersebut. Guru mengeulanginya maksimal tiga kali sampai siswa paham benar.
  2. Setelah siswa paham mengenai aturan mainnya, guru dapat mengenalkan kemungkinan perintah yang akan diberikan. Misalkan dikelas tersebut masih asing dengan kata touch (sentuh), maka guru sebaiknya menuliskan terlebih dahulu kosa kata seperti, touch (sentuh), show (tunjukkan), raise (angkat), atau beberapa kosa kata lainnya yang kemungkinan masih asing bagi siswanya. Setelah menuliskan, guru mengulas beberapa saat mengenai arti dan cara bacanya sehingga saat permainan, siswa telah paham akan maksud dari kosa kata tersebut. Jika memungkinkan, lakukan praktek sekali saja seperti poin pertama tadi.
  3. Kemudian, setelah siswa paham akan rule atau aturan permainan serta kemungkinan kosa kata perintah yang akan didengar oleh mereka, disini guru bisa membagi kelas menjadi beberapa kelompok atau semua siswa dikelas menjadi satu. Berikut adalah jika permainan diikuti oleh siswa satu kelas sekaligus.
  4. Sebelum memulai permainan, guru mengingatkan pada siswa, jika ada yang salah, maka siswa tidak diperkenankan mengikuti permainan lagi dan disilahkan duduk saja sambil melihah dan mengawasi temannya yang bisa jadi salah mengikuti perintah.
  5. Guru mengucapkan “SIMON SAY, touch your friend!” lalu siswa akan menyentuh temannya, guru memperhatikan siswanya jika ada yang salah. Kemudian guru mengucapkan “SIMON SAY touch your bag!” guru sembari memperhatikan siswanya jika ada yang salah. Jika tidak ada yang salah, dengan cepat guru melanjutkan “TOUCH YOUR BOOK!” guru memperhatikan siswanya jika ada yang salah, jika ada yang salah karena terkecoh tidak konsentrasi maka siswa yang salah diperkenankan untuk tidak mengikuti permainan ini lagi.
  6. Guru disarankan bisa memberikan command yang bisa mengecoh siswa sehingga listening mereka benar-benar di teskan.
  7. Jika ada satu siswa yang bertahan, jangan lupa berikan pujian.

 

Bagaimana?

Manarik untuk dipraktekkan bukan?

Selamat mencoba!

English is fun, isn’t it? ^^

Bagikan: