Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

Mr Min

Apa itu RPP? Untuk yang berprofesi sebagai guru, tentu tidak asing dengan RPP. RPP adalah kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Berikut adalah contoh RPP Bahasa Inggris kelas 7 untuk SMP atau pun MTs tentang introducting.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

 

SATUAN PENDIDIKAN                : MTs / SMP

MATA PELAJARAN                      : Bahasa Inggris

KELAS / SEMESTER                      : VII/1

MATERI POKOK                             : Teks lisan untuk ungkapan sapaan,

pamitan, ucapan terima kasih, dan  permintaan maaf

ALOKASI WAKTU                          : 40 X 2JP

 

 

A.KOMPENTENSI INTI (KI)

 

KI-1    : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI-2    : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3    : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI-4    : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

KOMPETENSI DASAR :
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

 

INDIKATOR

  • Berdoa pada awal dan akhir pembelajaran.
  • Menunjukan perilaku sopan selama pembelajaran berlangsung
  • Menunjukan perilaku peduli terhadap guru dan teman
  • Menentukan fungsi social text
  • Mengidentifikasi struktur text
  • Mengidentifikasi unsur kebahasaan
  • Menirukan model tentang ungkapan – ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Mengucapkan ungkapan sapaan secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima

 

 

C.TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menentukan fungsi sosial ungkapan sapaan
  • Mengidentifikasi struktur teks ungkapan sapaan
  • Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam ungkapan sapaan
  • Mengucapkan ungkapan sapaan secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima sesuai dengan konteks penggunaannya.
  • Merespon ungkapan secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

D.MATERI PEMBELAJARAN

Teks lisan untuk ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf

 

Fungsi sosial :

Menjaga hubungan interpersonal guru dengan siswa, siswa dengan siswa, serta siswa dengan lingkungan sekitar.

 

Struktur Teks     :          

Ungkapan – ungkapan sapaan berupa:

  • Good morning
  • Good afternoon
  • Good evening
  • How are you?
  • I’m fine, thank you.
  • I’m feeling good.
  • I’m not feeling well

 

Unsur kebahasaan:

Kosakata yang berupa       :

  • Kata sifat : great, good, fine, etc.
  • Kata kerja : feel, have, etc.
  • To be ( present) berupa : is, am, are.

Topic                    : GREETING

 

E.METODE PEMBELAJARAN:

Scientific Approach dengan pendekatan Discovery learning

 

F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

  1. Media : Gambar
  2. Alat / bahan : Kamus, papan tulis,
  3. Sumber belajar : Buku wajib siswi SMP kelas VII ‘ When English Ring’s Bells

 

G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

LANGKAH PEMBELAJARAN UMUM

Mengamati

  • Siswa terbiasa atau sering mendengar menyaksikan guru dan warga sekolah lain menggunakan ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf dalam bahasa inggris, bahasa indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan)
  • Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia

 

Menanya

Guru memberikan pertanyaan penuntun (leading question) untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa, dengan siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf dalam bahasa inggris dengan yang ada dalam bahasa indonesia.

 

Mengumpulkan Informasi

  • Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf dalam bahasa inggris dari film, buku teks, kaset, dsb
  • Siswa menirukan contoh-contoh interaksi ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf dalam bahasa inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengiidentifikasi ciri-ciri ( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf
  • Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa inggris untuk ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan yang lain terstruktur.

 

Mengasosiasi

  • Siswa membandingkan ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber diatas
  • Siswa membandingkan ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf yang telah dipelajari tersebut diatas dengan yang ada disumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
  • Siswa mendapat umpan balik (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan

 

Mengkomunikasikan

  • Siswa menggunakan bahasa inggris setiap kali muncul kesempatan ungkapan (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terima kasih, dan (d) permintaan maaf, didalam dan diluar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatakan hubungan interpersonal
  • Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kat, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
  • Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terima kasih, dan (d) meminta maaf dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

 

LANGKAH PEMBELAJARAN KHUSUS

Peserta Didik Guru
Kegiatan mengamati
 

·         Peserta didik mengamati contoh yang diungkapkan oleh guru

 

·         Peserta didik bermain peran mengenai percakapan sederhana mengenai perbandingan ungkapan-ungkapan

·         Guru mencontohkan cara membaca percakapan sederhana terkait dengan perbandingan

·         Guru memperhatikan peserta didik ketika bermain peran

Kegiatan bertanya
·         Peserta didik menanyakan bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar mengenai beberapa kata atau ungkapan yang masih sulit

·         Peserta didik menanyakan arti beberapa kata yang masih dirasa sulit

·         Guru menanyakan pemahaman peserta didik mengenai materi yang sedang diajarkan

 

·              Guru menjelaskan apa yang ditanyakan oleh peserta didik

Kegiatan mengumpulkan informasi
·      Peserta didik kembali membaca percakapan mengenai teks perbandingan

·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai maksud dari setiap dialog yang dihubungkan dengan fungsi sosial yang muncul didalamnya

·      Peserta didik menuliskan jawabannya secara baik dan benar

·           Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan

 

Kegiatan Mengasosiasi
·      Peserta didik membaca beberapa kalimat terkait dengan konteks perbandingan

·      Peserta didik menuliskan kembali kalimat dengan konteks perbandingan dengan ungkapan perbandingan yang sudah dipelajari sebelumnya

·           Guru membacakan cara pengucapan kalimat-kalimat yang ada

·      Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik mengenai kegiatan yang sedang dilakukan

Kegiatan Mengkomunikasikan
·         Peserta didik memperlihatkan hasil tulisannya kepada guru dan juga rekan sebangkunya

·         Peserta didik memperlihatkan jawaban yang dituliskan oleh temannya

·         Peserta didik memberikan masukan mengenai jawaban temannya

·            Guru mengoreksi hasil tulisan peserta didik

 

·            Guru memberikan masukan atas jawaban yang dituiskan oleh peserta didik

 

 

H.PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

KRITERIA PENILAIAN

  • Tingkat ketercapaian fungsi sosial sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
  • Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
  • Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi

Cara Penilaian:

KINERJA (praktik)

  • Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
  • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya

Observasi:

(Penilaian untuk tujuan memberi umpan balik secara lebih cepat)

  • Observasi terhadap upaya siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan merminta maaf ketika ada kesempatan, didalam kelas maupun diluar kelas
  • Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
  • Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi, didalam dan diluar kelas.

Penilaian diri:

  • Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa indonesia tentang pengalaman belajar berinterkasi dengan ungkapan (a) sapaan , (b) pamitan (c) ucapan terima kasih, (d) permintaan maaf, termasuk kemudahan dan kesulitannya

Tes tertulis

  • Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang didalamnya termasuk tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang (a) kemampuan dan (b) kemauan melakukan suatu tindakan ungkapan

 

INSTRUMENT PENILAIAN

1.Lembar pengamatan sikap

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SOPAN DAN KEPEDULIAN

Kelas                                    : ……………

Tanggal Pengamatan     : ……………

Materi Pokok                    : ……………

No Nama Siswa Aspek Pengamatan Jumlah Ket
1 2 3 4 5
1                
2                
3                
4                
5                

 

Keterangan Aspek Pengamatan :

  1. Mengikuti pembelajaran dengan sopan.
  2. Mengikuti pembelajaran dengan antusias membantu teman.
  3. Mengikuti pembelajaran dengan aktif.
  4. Bertanya dengan kalimat yang santun
  5. Tidak mendengarkan guru

 

Keterangan :

4 = amat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

 

                        ∑ Skor perolehan

Nilai     =    _____________       X 100

                     Skor Maksimal

 

Kriteria Nilai

A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali

B  =                70 – 79               :                             Baik

C  =                60 – 69               :                             Cukup

D  =                ‹ 60                     :                             Kurang

 

2. Pengetahuan :

2.1. Menamai gambar menggunakan kata/frase yang sesuai dengan tema gambar.

Intruksinya :

What kind of greetings should you say? (page 12)

 

2.2. Melengkapi beberapa kalimat dengan kosa kata yang telah disediakan

Intruksinya      :

Please choose the right answers, then fill in the bubbles in each picture! (page 13)

Contoh Rubric Pengetahuan Dengan KKM 70

NO NAMA SOAL NILAI DESCRIPSI
1 2 3 4 5
1                
2                
3                
4                
5                

Soal Benar : 1

Soal Salah : 0

Rubric penilaian

Jumlah soal benar X 20 : 100

 

3.Ketrampilan menulis

3.1.Menuliskan kalimat sederhana berdasarkan gambar dan tema yang sudah diajarkan

Intruksinya :

Please tell the class about each picture.! (page 6)

Please make your own dialogue using the expressions above! (page 8)

Please write down some expressions for the pictures below! (page 16)

Please make a dialogue based on each picture below! (page 20)

 

NO Nama siswa

                             SCORE

Jmlh KET
Grammar
/20
Vocab
/20
Coherency
/20

Punctuation
/20

 

Spelling
/20
1                
2                
3                
4                
5                

 

4. Ketrampilan berbicara

4.1 Menirukan model tentang ungkapan – ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Intruksinya :

Please practise the greetings with people around you.! (page 4-5)

Please practise the greetings with people around you! (page 7)

Listen to your teacher, and repeat after him/her.! (page 8)

Listen to your teacher, and repeat after him/her.! (page 19)

 

4.2. Mengungkapkan ungkapan yang berkaitan dengan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf

Contoh rubrik penilaian berbicara dengan KKM : 70

 

 

No Nama siswa

SCORE

Jumlah Ket
Fluency
/20
Pronounciation
/20
Intonation
/20
Spelling
/20
Content
/20
1                
2                
3                
4                
5                

 

 

Nama Tempat,     Oktober 2015

Mengetahui,

Kepala MTs /SMP

 

 

 

 

(Nama Kepala Sekolah)

 

Guru Bahasa Inggris

 

 

 

 

 

(Nama Guru)

 

Bagikan: