Cara Mudah Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Benar

Mr Min

Berdasarkan penjelasan sebelumnya tentang materi perbedaan antara curriculum vitae dan resume yang sudah dipaparkan secara lengkap maka tahap selanjutnya adalah mendapatkan kiat-kiat jitu menulis curriculum vitae menggunakan tips dan trik yang tepat supaya dapat memancing atau memberikan nilai positiv dalam pengajuan lamaran kerja anda.

Cara Mudah Menulis Curriculum Vitae Yang Baik dan Benar

KIAT JITU MENULIS CURRRICULUM VITAE (CV) YANG BAIK

    1. Format yang benar. Tulislah CV dengan format yang sudah umum atau yang lazim.
    2. Tulislah yang perlu saja. Isi CV Anda harus betul-betul mencakup informasi yang perlu-perlu atau yang penting saja. Jangan mencantumkan hal-hal yang tidak terlalu penting, seperti misalnya tinggi badan atau berat badan kecuali kalau diminta atau disampaikan dalam iklan lowongan kerja tersebut.
    3. Tampilan CV harus menarik. Buatlah CV dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca sehingga team rekrutmen tertarik untuk membaca CV Anda. Aturlah spasi, dan tata letak CV semenarik mungkin dan mudah dibaca. Baik surat lamaran maupun CV Anda harus diketik dan diprint dengan baik.
    4. Ringkas, jelas, dan lengkap. CV Anda harus seringkas mungkin namun jelas dan lengkap. Lengkap artinya mencakup semua informasi tentang diri Anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar atau yang memiliki nilai jual sehubungan dengan posisi yang Anda lamar.
    5. Gunakan bahasa yang benar. Tulislah CV Anda dengan menggunakan tata bahasa Inggris yang baku untuk tujuan komunikasi tertulis. Pastikan bahwa apa yang Anda tulis dapat dimengerti orang yang akan membaca CV Anda. Tulislah dengan struktur tata bahasa yang benar dan seakurat mungkin dalam arti tidak ada kesalahan tata bahasa maupun ejaan dan tanda baca. Jika Anda merasa ragu dengan bahasa Anda, mintalah bantuan orang lain yang kemampuannya dalam bahasa Inggris lebih baikdaripadaAnda.
    6. Gunakan bahasa dan kata-kata standar. Jangan menggunakan singkatan atau kata-kata yang tidak lazim yang bisa membingungkan orang yang akan membaca CVAnda.
    7. Buatlah CVyang punya nilai jual. Agar CVAnda memiliki nilai jual di mata perusahaan, tekankan secara ringkas namun jelas dan mudah dipahami keahlian dan pengalaman Anda yang punya nilai jual. Jangan menyampaikan masa-masa pengangguran Anda. Tekankan pada prestasi-prestasi yang pernah Anda raih.
    8. Tekankan pada apa yang Anda lakukan. Apa pun yang pernah Anda lakukan sebelumnya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, sampaikan apa yang Anda lakukan itu. Misalnya, sebelumnya Anda menjadi seorang sekretaris, kemukakan apa yang Anda lakukan secara berhasil sebagai sekretaris ketimbang Anda hanya menuliskan masa kerja Anda sebagai sekretaris.
    9. Bernada positif. Hindari penggunaan kalimat yang bernada minta maaf atau bernada negative, misalnya Anda meminta maaf karena Anda merasa kurang ini atau kurang itu. Sebaliknya, sampaikan sesuatu dalam nada yang positif.
    10. Jangan cantumkan gaji yang Anda inginkan. Jika tidak diminta atau ditentukan dalam iklan lowongan kerja untuk mencantumkan jumlah gaji yang Anda minta, sebaiknya permintaan tentang jumlah gaji jangan dicantumkan.
    11. Jangan berbohong tentang diri Anda. Jangan sekali-sekali menulis tentang diri Anda yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Tulislah sesuai dengan fakta yang terdapat dalam diri Anda.
    12. Memeriksa kembals dengan teliti. Sebelum Anda memasukkan CV Anda dan berkas-berkas lainnya ke dalam amplop, periksalah kembali CV dengan cermat untuk menghindari kesalahan yang bisa menurunkan “harga jual” Anda.

 

ISI CURRICULUM VITAE DALAM BAHASA INGGRIS YANG TEPAT

  1. CONTACT INFORMATION. Bagian ini berisi informasi tentang ke mana Anda bisa dikontak, yang mencakup: name (nama Anda), address (alamat lengkap Anda), telephone (nomor telepon rumah Anda), Cell Phone (nomor HP Anda), dan e¬mail address (alamat email Anda).
  2. PERSONAL INFORMATION. Bagian ini berisi data pribadi Anda yang mencakup Date of Birth (tanggal lahir Anda), Place of Birth (tempat lahir), Citizenship (kewarganegaraan Anda), sex (jenis kelamin Anda: Male — Pria atau Female – Wanita), dan marital status (status pernikahan Anda). Jika Anda melamar kerja di Indonesia, religion (agama Anda) perlu dicantumkan, tetapi di luar Indonesia, bukan suatu keharusan.Di Indonesia pun kalau Anda tidak ingin mencatumkan agama Anda, hal itu tidak menjadi masalah.
  3. EDUCATION. Bagian ini berisi tentang latar belakang pendidikan atau pelatihan dan kursus yang pernah Anda ikuti. Cantumkan tahun, jurusan, jenjang pendidikan Anda dan nama universitas atau akademi tempatAnda belajar. Mulailah menuliskan jenjang pendidikan terakhirAnda lalu diurutkan mundursampai Sekolah Dasar.
  4. WORK EXPERIENCE. Bagian ini berisi tentang pengalaman kerja Anda. Cantumkan secara kronologis riwayat pekerjaan atau pengalaman kerja Anda mulai dari pekerjaan terakhirAnda sampai dengan pekerjaan pertama Anda. Cantumkan bulan dan tahun dan rincian tugas Anda pada pekerjaan Anda sebelumnya. Sekalipun Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang luar biasa, cantumkan saja pengalaman yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, mungkin Anda pernah menjadi asisten seseorang dalam melakukan sesuatu, atau pengalaman berorganisasi di kampus.
  5. PROFESSIONAL QUALIFICATIONS. Bagian ini berisi tentang kualifikasi diri Anda yang mencakup keahlian Anda di bidang komputeratau keahlian-keahlian lainnya.
  6. AWARD. Jika ada, cantumkan penghargaan apa saja yang pernah Anda terima dari lembaga-lembaga atau organisasi tertentu.
  7. PUBLICATIONS. Bagian ini memuat karya publikasi Anda (jika ada) seperti artikel atau buku apa saja yang pernah Anda tulis atau buku-buku terjemahan karya Anda.
  8. PROFESSIONAL MEMBERSHIPS. Bagian ini memuat organisasi apa saja (jika ada) yang pernah Anda ikuti sejak kapan sampai kapan.
  9. INTEREST. Bagian ini memuat minat atau hobi Anda. Bagian ini tidak wajib disampaikan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menulis atau membuat curriculum vitae yang baik dan benar. Dalam post berikutnya akan di berikan contoh curriculum vitae dalam bahasa inggris yang baik dan benar.

Bagikan: